nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Makan Junk Food Picu Bau Mulut, Apa Sebabnya?

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 20 Juni 2018 13:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 20 481 1911893 sering-makan-junk-food-picu-bau-mulut-apa-sebabnya-iIRTLHNOH1.jpg Junk Food. (Food: Emaze)

KESERINGAN makan junk food bukan hanya buruk bagi kesehatan Anda, tapi juga bisa memicu bau mulut tak sedap. Di samping itu, Anda juga akan mengalami masalah kesehatan dalam jangka panjang, seperti serangan penyakit serius.

Meski enak, junk food tergolong makanan 'jahat' karena mengandung tinggi lemak jahat dan sumber karbohidrat yang buruk. Ada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Natural Science, Biologi dan Kedokteran menemukan bahwa orang-orang senang konsumsi makanan cepat saji, setidaknya tiga kali seminggu, lebih mungkin mengalami bau mulut atau halitosis, dibandingkan dengan orang yang jarang junk food lebih jarang.

Lantas apa hubungannya junk food dengan bau mulut? Dilansir NDTV, rupanya karena junk food tergolong makanan yang lama dicerna, sehingga bisa menyebabkan penumpuknya gas di sistem pencernaan.

Tak sekedar itu, junk food biasanya identik dengan makanan bertepung, lalu bisa menyebabkan sisa makanan menempel. Jadilah bakteri senang berkembang biak di rongga mulut yang memicu bau tak sedap.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Terlahir Jadi Perfeksionis, Siapa Saja Mereka?

Juga dengan kandungan minyaknya yang banyak memicu keasaman. Pada orang tertentu, sering makan junk food sebabkan kenaikan asam lambung. Inilah salah satu faktor yang menyebabkan Anda mengalami bau mulut tak sedap.

Makanya menjaga pola makan jadi salah satu hal penting menjaga risiko bau mulut. Kalau Anda mengalaminya, pasti menurunkan tingkat kepercayaan diri Anda. Rasa malu juga muncul ketika bau mulut melanda.

Untuk mencegah, Anda disarankan makan banyak sayuran dan buah segar. Misalnya, makan apel dapat menjadi cara terbaik untuk menyegarkan mulut karena mengandung senyawa yang dapat menghambat aktivitas di mulut Anda.

Baca Juga: Aneh Tapi Nyata, Muncul Fenomena Hujan Seafood di China Bikin Heboh

Anda juga bisa coba makan jeruk dan stroberi. Kandungan vitamin C dalam buah-buahan ini menciptakan aroma segar di mulut sepanjang hari. Di samping itu, buah tersebut akan menyulitkan bakteri untuk tumbuh dan berkembang.

Kurangi kebiasaan makan junk food dalam jangka waktu sering. Makanan ini lebih besar efek samping dibandingkan manfaat yang menguntungkan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini