nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Sepelekan! Ini 7 Tanda Tubuh Anda Sudah Mulai Rontok

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 20 Juni 2018 19:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 20 481 1912032 jangan-sepelekan-ini-7-tanda-tubuh-anda-sudah-mulai-rontok-4aPpZtM0FX.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KADANG-KADANG kita kerap memaksakan diri, padahal tubuh kita sudah memberikan sinyal kelelahan. Akibatnya, tanpa sadar kita pun mengabaikan sinyal-sinyal yang diberikan tubuh dan malah sakit.

Beberapa gejala yang kita anggap normal mungkin sebenarnya menunjukkan masalah serius. Melansir indiatimes, ada beberapa tanda yang ditunjukkan tubuh Anda dan tak boleh dihiraukan.

Alis menipis

Jika Anda menyadari bahwa alis semakin tipis tanpa sebab maka segeralah berkonsultasi dengan ahli. Ini mungkin merupakan indikasi tiroid disfungsional dan harus ditangani tepat waktu.

Namun, perlu dicatat bahwa seiring bertambahnya usia, Anda mungkin mengalami kerontokan rambut, termasuk menipisnya alis. Oleh karena itu, konsultasi dengan seorang ahli sangat disarankan.

Baca Juga:  Menu Makanan Belanda Jadi Selingan Masakan Lebaran di Keluarga Aubry Beer

Kulit gatal

Kulit gatal mungkin merupakan tanda diabetes. Namun, sebelum Anda menyimpulkan bahwa itu diabetes, maka harus terlebih dahulu memeriksakan daerah kulit yang gatal tersebut. Karena bisa saja mungkin itu hasil gigitan serangga atau reaksi alergi lainnya. Jika masalah terus berlanjut dan tidak tertahankan, segeralah temui dokter.

Berat badan naik turun

Kehilangan atau kenaikan berat secara tiba-tiba seharusnya tidak diabaikan. Menurut ahli kesehatan, fluktuasi berat badan yang berlebihan dapat menjadi indikasi masalah kesehatan mental. Kunjungi dokter dan ketahui alasan sebenarnya untuk kenaikan atau penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba dalam satu waktu.

Kaki berubah warna

Mengalami warna kaki berubah menjadi merah muda, atau ketika kulit terlihat tipis dan berkerut, mungkin juga merupakan indikasi lain dari penyakit yang mendasarinya. Ini adalah tanda masalah metabolisme, yang bisa jadi diabetes. Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk memeriksa kadar gula darah Anda.

Pembengkakan jari kaki

Jari kaki bengkak bisa menjadi tanda artritis psoriasis. Jika Anda memperhatikan bahwa kaki membengkak tapi tidak ada gatal atau iritasi, maka Anda harus segera menemui ahli kesehatan.

Baca Juga: Agar Tak Bosan, Ini 7 Cara Ciuman yang Harus Kamu Coba

Kehilangan selera makan

Saat Anda mengalami kehilangan nafsu makan secara tiba-tiba, itu dapat mengindikasikan bahwa Anda mengalami gangguan metabolik. Jika disertai dengan refluks asam, maka Anda mungkin menderita penyakit gastroesophageal reflux.

Moody

Saat suasana hati tiba-tiba suka berubah-ubah terkadang menjadi ekstra emosional, marah atau bahagia maka ini bisa menjadi tanda yang didasari oleh kondisi mental.

Menurut para ahli, jika emosi Anda berfluktuasi antara bahagia dan sedih tanpa alasan, maka itu bisa menjadi indikator depresi. Konsultasikan dengan psikolog untuk mengetahui penyebab sebenarnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini