nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lapar Tengah Malam, Ini 5 Rekomendasi Makanan yang Gak Bikin Gemuk

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 20 Juni 2018 20:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 20 481 1912040 lapar-tengah-malam-ini-5-rekomendasi-makanan-yang-gak-bikin-gemuk-hbe2v46OSi.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

LAPAR di malam hari pasti membuat Anda gelisah, bahkan sulit tidur. Beberapa orang enggan makan karena takut gemuk. Padahal banyak jenis makanan sehat dan rendah kalori yang bisa Anda pilih.

Dari mulai sayuran, buah-buahan, oatmeal, yoghurt, beberapa jenis makanan yang tak bikin gemuk saat dikonsumsi malam hari. Justru dengan makanan itu perut jadi tenang dan cepat diserap oleh tubuh.

Ingat, ketika di malam hari jangan terpaku pada makanan instan, junk food, kalengan, makanan manis dan terlalu asin. Dalam jangka panjang, makanan ini sebabkan tubuh tidak nyaman karena serangan penyakit kronis.

Untuk itu, dilansir Boldsky, berikut adalah lima pilihan makanan yang aman dikonsumsi malam hari. Simak ulasannya supaya bikin Anda tidak lagi ragu.

Baca Juga: Menu Makanan Belanda Jadi Selingan Masakan Lebaran di Keluarga Aubry Beer


1. Sayuran hijau

Sayuran hijau bisa membangkitkan produksi hormon melatonin dalam tubuh yang mendorong tidur secara alami. Tak diragukan lagi, bahan makanan ini juga mengandung antioksidan tinggi yang mampu menjaga tubuh agar lebih bugar. Karenanya, saat malam hari, Anda bisa konsumsi makanan terbaik dari jenis bayam, kale, dan sawi hijau, kangkung, daun singkong, dan sebagainya.


2. Oatmeal

Oatmeal dianggap kandungannya lebih baik dari sereal. Oatmeal berbahan dasar gandum utuh yang menjadi sumber karbohidrat kompleks. Anda bisa makan oatmeal saat lapar tengah malam. Sebab, oatmeal tergolong rendah kalori, serta sumber protein yang baik untuk merangsang produksi melatonin.


3. Ikan

(Foto: Grivy)

Makan ikan di malam hari tidak masalah. Ikan mengandung sumber vitamin B6 dan nutrisi lain untuk membantu tubuh menghasilkan melatonin. beberapa ikan yang mengandung vitamin tersebut ialah salmon, tuna, dan makarel. Ikan-ikan itu juga kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk tubuh.


4. Pisang

Satu buah pisang mengandung kalium dan magnesium yang melimpah. Pisang dapat merelaksasi otot yang memicu rasa kantuk. Kalau lapar, coba saja makan pisang dan jika kenyang, rasa kantuk pun muncul. Di samping itu, makan pisang juga baik untuk melawan insomnia, menghindari kecemasan, serta membantu membakar lemak tubuh yang bermanfaat.


5. Ceri

Studi yang diterbitkan di Eropa Journal of Gizi menemukan bahwa orang-orang yang minum jus ceri sehari mampu tidur lebih nyenyak. Itu karena ceri dapat membantu meningkatkan produksi hormon melatonin dalam tubuh. Selain itu, ceri juga mengandung antioksidan yang baik untuk melawan peradangan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini