nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Mudah Cerahkan Kulit Ketiak, Bahan-bahannya Ada di Rumah!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 21 Juni 2018 15:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 21 194 1912242 cara-mudah-cerahkan-kulit-ketiak-bahan-bahannya-ada-di-rumah-uWra4tw9GV.jpg Ilustrasi ketiak (Pinterest)

WARNA kulit ketiak yang gelap atau bahkan hitam bisa membuat seorang perempuan minder atau tidak percaya diri. Terlebih bagi mereka yang gemar mengenakan pakaian sleeve less, maka warna kulit ketiak yang cerah jadi hal yang penting.

Namun, sayangnya tidak semua perempuan beruntung memiliki warna kulit ketiak yang cerah. Pasalnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan warna kulit ketiak gelap, seperti kebiasaan mencukur, penggunaan krim penghilang bulu, keringat berlebih, ketiak lembap, akumulasi sel kulit mati, penggunaan deodoran, antiperspiran alkohol, hingga faktor penyakit yang dikaitkan dengan resistensi insulin, obesitas, gangguan hormonal, obat-obatan, dan kanker, untuk faktor penyakit Anda bisa mengonsulkan pada dokter cara mencerahkan kulit ketiak yang gelap.

Baca juga: Sering Gunakan Aplikasi Kencan Online? Waspadai 3 Dampak Buruknya

Akan tetapi, pada faktor selain penyakit, Anda bisa dengan mudah mencerahkan kulit ketiak, sebab bahan-bahannya alami, dan ada di dapur rumah, berikut bahan-bahannya seperti yang dilansir dari laman Top 10 Home Remedies, Kamis (21/6/2018).

Ketiak Shutterstock

1. Kentang

Sifat asam yang ada pada kentang mampu jadi pemutih alami yang hebat, namun tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Caranya, iris tipis kentang, lalu gosokan pada ketiak. Anda pun bisa memarut kentang, lalu oleskan pada ketiak yang gelap, biarkan sampai kering sekira 15-20 menit, dan kemudian bersihkan dengan air hangat. Gunakan dua kali sehari untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal.

Baca juga: Nenek Ini Bocorkan Rahasia Umur Panjang hingga 105 Tahun!

2. Mentimun

Persis seperti kentang, mentimun pun punya sifat yang memutihkan, sehingga bisa membantu mencerahkan kulit yang berubah warna. Caranya, gosokan irisan tipis mentumun pada ketiak. Anda pun bisa memarut mentimun, lalu oleskan pada ketiak, lakukan cara ini satu hingga dua kali sehari sampai Anda puas dengan hasilnya.

Mentimun (Boldsky)

3. Lemon

Lemon pun bisa berfungsi sebagai pemutih alami dan antibakteri, ini pula yang membuat lemon digunakan dalam perawatan berbagai masalah yang berhubungan dengan perawatan kulit termasuk kulit ketiak gelap. Caranya ada dua pilihan, pertama untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan ketiak, gosokan irisan lemon pada kulit ketiak selama beberapa menit. Bisa pula dengan memarut lemon, lalu mengoleskannya pada ketiak, dan mendiamkan sekira 10 menit, bersihkan secara menyeluruh, untuk mengangkat sel kulit mati, gunakan gula, lakukan cara ini beberapa kali seminggu.

Baca juga: Masih Ingat Bu Dendy? Kali Ini Ada Kucing Viral Disawer Uang

Cara lainnya, Anda bisa menambahkan bubuk kunyit, madu, atau yoghurt tawar ke dalam jus lemon, lalu mengoleskan pada ketiak, biarkan selama 10 menit, kemudian bersihkan, lakukan perawatan ini selama 3-4 kali seminggu.


4. Baking soda

Baking soda dapat digunakan untuk membuat scrub untuk mengangkat kulit mati dan menghilangkan warna gelap pada ketiak. Caranya mudah, campurkan soda kue dan air untuk membuat pasta kental, gunakan pasta untuk menggosok ketiak, cuci bersih, tepuk-tepuk sampai area ketiak kering, lakukan perawatan beberapa kali seminggu.


5. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung vitamin E yang dapat membantu cerahkan ketiak gelap. Selain itu, minyak kelapa pun ternyata dapat menjadi deodoran alami yang cukup efektif. Caranya, pijat ketiak dengan minyak kelapa, biarkan sekira 10-15 menit, cuci bersih dengan sabun lembut dan air hangat, ulangi perawatan ini sebanyak dua hingga tiga kali sehari sampai Anda mendapat hasil yang diinginkan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini