nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Bahaya yang Mengintai Pengguna Tato, Ketahui Dulu Risikonya Sebelum Membuat

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Jum'at 22 Juni 2018 03:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 21 196 1912423 4-bahaya-yang-mengintai-pengguna-tato-ketahui-dulu-risikonya-sebelum-membuat-Efs1SOF6tm.jpg Ilustrasi Tato. (Foto: Medical Herald)

SEMUA orang pasti mengenal tato, sebuah karya seni yang dituangkan melalui lukisan pada tubuh seseorang. Banyak orang yang tergila-gila dengan tato, bahkan rela menyerahkan tubuhnya untuk dilukis.

Mereka merasa puas dengan aneka bentuk gambar yang tertanam pada kulit mereka sebagai ciri khas yang membedakan dengan orang lain. Tato pun telah menjadi bagian dari budaya mainstream selama 20 tahun terakhir. Awalnya tato identik dengan pelaut, penjahat dan terpidana dan orang-orang berandal yang tinggal di pinggiran.

Namun, budaya saat ini telah membuat tato sebagai hal yang umum di berbagai belahan. Akan tetapi, tato memberikan risiko kesehatan yang berbahaya bagi mereka yang melakukannya menggunakan jarum.

Menggunakan tato memberi Anda lebih banyak risiko kesehatan. Banyak orang percaya bahwa ancaman terbesar adalah tertular HIV. Namun, ada lebih banyak masalah yang mungkin Anda derita setelah menggunakan tato. Melansir dari Medical Herald, ada beberapa penyakit yang menghantui pengguna tato.

Baca Juga: 3 Merek Indonesia Masuk 10 Mi Instan Terlezat di Dunia


1. Alergi tinta

Beberapa orang memang alergi terhadap tinta tato, meski demikian mereka tidak mengetahui hal tersebut hingga waktunya terlambat. Setelah tinta masuk ke kulit, Anda mungkin menemukan bahwa ada reaksi yang tidak enak terhadapnya.

Reaksinya bisa ringan, tetapi dalam beberapa kasus, itu bisa sangat serius. Ada laporan dari beberapa orang sengaja menghapus tatonya setelah mengalami reaksi alergi terhadap tinta tato.

2. Menyamarkan kanker kulit

Kejadian ini kerap terjadi pada orang-orang uang mentato sekujur lengan dan kaki. Masalah terbesar dalam hal ini adalah mencakup tambalan besar kulit. Tinta tato dapat menyembunyikan tahi lalat, tanda lahir atau kulit yang telah terjangkit melanoma. Dokter mengatakan siapa saja yang menginginkan tato harus membuatnya di daerah tanpa tahi lalat atau tanda lahir.

Baca Juga: Aneh Tapi Nyata, Muncul Fenomena Hujan Seafood di China Bikin Heboh

(Foto: Youtue)

3. Mengubah cara tubuh berkeringat

Tato bisa mencegah tubuh untuk mengeluarkan keringat secara alami. Kulit bertato melepaskan 50 persen lebih sedikit keringat dibandingkan kulit yang tidak bertato. Orang dengan tato besar di tubuh mereka dapat menahan panas daripada orang normal. Tato membuat tubuh sulit mendinginkan diri setelah berolahraga.

4. Infeksi kulit

Infeksi dapat terjadi selama atau setelah menggunakan tato. Studio tato yang tidak higienis dapat menyebabkan Anda mengalami infeksi kulit serius. Jika infeksi tidak diobati dengan baik dan benar, maka bisa menyebabkan kematian. Tato yang tidak menerima perawatan yang benar juga bisa menjadi terinfeksi dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini