nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspadai 7 Sarapan Ini, Mengandung Banyak Gula!

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 21 Juni 2018 05:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 21 298 1912114 waspadai-7-sarapan-ini-mengandung-banyak-gula-in2vCRprj8.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SARAPAN adalah kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang pada pagi hari sebelum memulai aktifitas. Karena pagi hari sering terburu-buru maka menu sarapan biasanya sangat simpel dan tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya.

Menu sarapan pada umumnya adalah roti, salad dengan yogurt, sereal hingga pancake dan roti pisang. Menu ini jika dilihat sangat biasa tapi ternyata mengandung lebih banyak gula dari yang bisa kita bayangkan.

Awalnya mungkin kita ingin menyajikan menu sarapan bebas gula tapi ternyata 10 menu sarapan ini mengandung lebih banyak gula dari bayangan Anda. Dalam hal ini, mengandung lebih banyak gula artinya melebihi asupan gula harian yang disarankan dari orang dewasa yang hanya 37,5 gram untuk pria dan 25 gram untuk wanita.

Dilansir dari Times Of India, berikut adalah menu sarapan yang mengandung lebih banyak gula:

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Terlahir Jadi Perfeksionis, Siapa Saja Mereka?

1. Yogurt dengan campuran rasa

Makanan yang satu ini adalah monster yang licik dan membingungkan. Yogurt polos tanpa campuran rasa memang sehat untuk dimakan, tetapi yang banyak rasa pilihan mengandung banyak gula pula. Beberapa bahkan memiliki sebanyak 24g gula per setengah gelas.

Namun, saat berbelanja, jangan bingung karena buah-buahan juga memiliki gula alami yang boleh dikonsumsi.

2. Muffin

Jika Anda bukan penggemar muffin, maka Anda beruntung karena terhindar dari banyaknya gula dalam kandungannya. Muffin kecil yang Anda makan tanpa memikirkan, teryata memiliki kandungan gula sebanyak 2,4 batang Snickers mini. Maka jika Anda penggemar muffin segera kurangi mengonsumsinya.

Baca Juga: Piala Dunia Jadi Ajang Wanita Rusia Berburu Turis, Jomblo Ikutan Gih

3. Donat

Terkadang kita juga akan memakan donat polos untuk sarapan. Anda mungkin tahu itu bukan pilihan sarapan yang terbaik untuk dimakan karena memiliki sekitar 12g gula. Ini memang tidak terlalu banyak ketika membandingkannya dengan menu sarapan lain yang ada di daftar, tetapi sekali lagi itu tidak baik. Lebih baik Anda memilih cokelat.

4. Sereal

Kita mungkin tidak asing lagi dengan menu sarapan sereal karena dianggap paling simpel dan sarapan yang paling sehat. Meski sehat, ternyata sereal juga mengandung banyak gula apalagi yang memiliki varian rasa. Terlebih lagi, pewarna makanan dalam rasa dapat berkontribusi terhadap hiperaktivitas pada anak-anak. Jika AS dan Inggris melarang pewarna makanan, mungkin Anda dapat melarang kelebihan gula dari meja makanan.

5. Pancake

Jika memakan dua pancake berukuran sedang untuk sarapan, maka akan memiliki 22g gula. Di atas itu, kita juga pasti akan menambahkan sirup di atasnya untuk menambah rasa. Tapi secara tidak sadar ketika melakukan itu maka jumlah gula juga terus semakin tinggi.

6. Kue cinnamon

Kue ini sangat populer apalagi di kalangan anak muda karena dengan mudah bisa ditemukan di kedai kopi tempat nongkrong kaum milenials. Ternyata, cinnamon rolls memiliki kadar gula sebanyak 10g per porsi. Jika Anda sangat menyukai cemilan ini maka harus mengimbanginya dengan minum jus kale. Setidaknya itu akan membuat kita tetap sehat!

7. Roti Pisang



Jika kalian anak milenials, Anda pasti tahu ini adalah roti yang sangat populer pada masanya. Ternyata roti pisang ini memiliki 25g gula per porsi. Bukan pilihan yang sehat untuk sarapan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini