nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dessert Khas Korea Ini Patut Dicoba! Dari Es Serut Hingga Pancake Manis

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 21 Juni 2018 11:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 21 298 1912200 dessert-khas-korea-ini-patut-dicoba-dari-es-serut-hingga-pancake-manis-aZVZciu8Mq.jpg Patbingsoo (Stamp)

KOREA Selatan memang tidak bisa disangkal telah berhasil mengekspor berbagai bentuk platform kebudayaannya, ke berbagai penjuru dunia.

Tidak hanya soal serial drama dan juga musik K-Pop, namun juga termasuk di dalamnya soal makanan.

Yup! Sekarang rasanya tak berlebihan jika kita sudah sama familiarnya dengan makanan khas Korea seperti kita familiar dengan makanan Jepang, karena nyatanya penyebaran makanan khas Negeri Ginseng ini memang sudah di mana-mana.

 Baca juga: Nenek Ini Bocorkan Rahasia Umur Panjang hingga 105 Tahun!

Nah, bicara soal makanan, di luar makanan berat seperti daging BBQ ataupun camilan seperti topoki. Korea Selatan juga menawarkan aneka dessert atau makanan penutup khas nya. Penasaran? Melansir Koreaboo, Kamis (21/6/2018) ini ulasan soal 5 dessert khas Korea yang patut Anda coba!

1. Patbingsoo

Patbingsoo (dessert 1)

Adalah sajian es serut yang secara klasik dihidangkan memakai kacang merah sebagai topping. Maka dari itu bernama “patbingsoo”. “Pat” berarti kacang merah, dan “bingsoo” artinya es serut. Patbingsoo hadir sebagai es serut yang dibentuk menggunung, diberi kacang merah, susu kental manis, dan bubuk kacang sebagai taburan di atas puncak gunung es serut. Namun kini, patbingsoo tidak hanya memakai kacang merah. Tapi, dibuat kreatif dan fusion modern dengan memakai melon, mangga, biskuit oreo, hingga tiramisu. Masyarakat Korea sendiri diketahui senang mengonsumsi patbingsoo ini di saat musim panas.

 Baca juga: Masih Ingat Bu Dendy? Kali Ini Ada Kucing Viral Disawer Uang

2. Hoddeok

Hoddeok (dessert 2)

Jajanan di jalan alias street food populer. Hoddeok dikatakan antara pancake dan kue beras. Dessert manis ini berupa adonan tepung, diisi dengan gula di bagian tengahnya, dibulatkan menjadi bola kemudian ditekan rata di atas wajan datar yang panas. Para pedagang kaki lima sering melipat "hoddeok" menjadi dua dan menyajikannya dalam paper cup (gelas kertas). Isian gula hangat yang jadi sirup hangat dan lengket dan siap membakar bagian atas mulut Anda! Jika hoddeok klasik hanya berisi sirup gula, kini ada juga hoddeok dengan versi yang lebih fun diisi dengan kacang yaitu ‘ssiat hoddeok’, lalu keju yaitu ‘cheese hoddeok’ dan ‘nokcha hoddeok’ yakni hoddeok green tea. Bahkan beberapa kafe juga menyajikan hoddeok yang dihidangkan bersama es krim dan aneka buah sebagai topping seperti halnya pancake manis.

3. Mat-tang

Mat Tang (Dessert 3)

Makanan penutup yang beberapa restoran Korea sajikan setelah selesai bersantap makanan berat. Mat-tang sendiri adalah potongan ubi yang digoreng, dan ketika dimakan menghadirkan sensasi rasa manis dan kenyal. Untuk membuat mat-tang, tentunya pilihan bahan tidak selalu harus ubi jalar. Orang Korea juga biasa membuat dan menikmati mat-tang yang dibuat dari kentang dan labu.

 Baca juga: Piala Dunia Jadi Ajang Wanita Rusia Berburu Turis, Jomblo Ikutan Gih

4. Shikhye

Shikhye (Dessert 4)

Ialah minuman manis tradisional Korea yang mengandung butiran nasi yang dimasak dan kadang-kadang juga bisa berisi kacang pinus. Meskipun bahan-bahannya sederhana seperti air, tepung gandum, gula, dan nasi yang dimasak, ternyata “shikhye” ini membutuhkan waktu dan kesabaran untuk membuatnya loh! Terutama untuk bisa menghasilkan takaran kemanisan yang tepat. Disebutkan lebih lanjut, karena orang Korea sangat menyukai minuman ini, sehingga ada juga shikhye versi kalengan yang mudah didapatkan di pasaran

5. Hwachae

Hwachae (Dessert 5)

Bersama dengan es serut, fruit punch atau ‘hwachae’ juga jadi bintang untuk menu dessert di musim panas, sebab selain segar juga sangat mudah dibuat. Paling sering disajikan dalam bentuk “Soobak hwachae” yaitu menggunakan buah semangka. Satu buah semangka dikeruk isinya, lalu baru bisa digunakan kulitnya berbentuk bundar tersebut sebagai mangkuk. Tambahkan semua jenis potongan buah, susu, minuman soda, dan semacam pemanis seperti gula, sirup, atau susu kental. Masukkan beberapa es batu untuk disajikan dingin. Beberapa orang Korea juga bahkan ada yang suka menambahkan “Soju” minuman alkohol khas Korea untuk membuat hwachae semakin sedap.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini