nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rambutmu Sudah Mulai Beruban? Coba Cegah dengan 10 Langkah Ini

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 21 Juni 2018 04:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 21 481 1912112 rambutmu-sudah-mulai-beruban-coba-cegah-dengan-10-langkah-ini-VdeZeNXEG9.jpg Ilustrasi Ubanan. (Foto: Youtube)

MEMILIKI rambut hitam yang terawat dan terlihat sehat adalah impian semua orang, tidak cuma wanita tetapi juga laki-laki. Akan tetapi, seiring pertambahan usia, warna rambut juga berubah menjadi putih alias beruban.

Ternyata rambut beruban tidak hanya eksklusif milik orang-orang berumur saja. Pasalnya, orang-orang muda di rentang usia 20-30 juga memiliki masalah serupa. Berbagai faktor dapat menyebabkan rambut menjadi beruban di usia muda, salah satunya adalah kebiasaan merokok.

Tidak perlu khawatir. Anda masih bisa melakukan tips-tips sederhana ini untuk mencegah uban dini. Berikut saran dari Wonderslist.

1. Minyak kelapa

Untuk mencegah rambut beruban, pijat rambut dengan halus menggunakan minyak kelapa secara teratur. Cara tersebut terbukti ampuh untuk menjaga kelembaban serta memperkaya rambut dengan asam laurat yang akan melembutkan dan menguatkan rambut, serta memberikan antioksidan guna mencegah berubahnya warna menjadi putih. Gunakan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Terlahir Jadi Perfeksionis, Siapa Saja Mereka?

Image result for uban, okezone

2. Hindari stres

Stress dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes, stroke, dan mengganggu kondisi kulit seperti jerawat serta kerutan pada wajah. Stress dan beban pikiran juga dapat mempercepat penuaan dini, termasuk rambut yang beruban.

Luangkan waktu untuk diri sendiri agar tidak cepat stress. Lakukan hal-hal yang menyenangkan seperti menonton film, melakukan hobi, berolahraga, mendengarkan musik, atau apa saja yang dapat membuat pikiran senantiasa segar.

3. Hindari merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab rambut cepat beruban. Sebab, asap rokok dapat mengakibatkan stress hebat pada rambut hingga akhirnya perlahan-lahan beruban. Tidak perlu langsung berhenti merokok, cukup kurangi perlahan.

Baca Juga: Piala Dunia Jadi Ajang Wanita Rusia Berburu Turis, Jomblo Ikutan Gih

4. Menjaga cairan tubuh

Agar rambut senantiasa terlihat sehat, Anda bisa mulai banyak minum air putih dan mengurangi konsumsi kafein hingga alkohol. Air putih tidak hanya membuat kulit Anda selalu terlihat segar, tetapi juga menjaga sistem tubuh Anda.

Jika tubuh kurang cairan dan kulit kurang lembab, nutrisi tidak akan sampai ke folikel (kantong) rambut yang berujung memudarnya warna rambut. Pastikan Anda minimal meminum 8-10 gelas air per hari.

5. Perkaya zat tembaga

Zat tembaga sangat baik untuk rambut guna meningkatkan produksi melanin, pigmen yang menjaga warna asli rambut. Anda bisa mengonsumsi kenari atau multivitamin yang mengandung zat tembaga. Makanan seperti almond, buah delima, dan nanas juga banyak mengandung zat tembaga agar warna asli rambut Anda tetap terjaga.

6. Tingkatkan konsumsi yodium

Tidak hanya berguna untuk mencegah penyakit gondok, yodium juga bermanfaat mencegah rambut Anda memutih. Bayam, pisang, dan wortel adalah sumber nutrisi kaya yodium yang bisa Anda konsumsi secara rutin selain tentunya garam dalam setiap menu makanan.

7. Protein yang cukup

Rambut Anda terbuat dari bermacam protein yang membantu pertumbuhan, menguatkan, serta menjaga agar warnanya tidak berubah. Pastikan Anda mengonsumsi 3-4 ons protein setiap hari. Jika kurang, rambut Anda bisa saja mulai memutih perlahan-lahan.

8. Meningkatkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang baik sangat penting jika Anda ingin mencegah rambut memutih terlalu dini. Konsumsi segala macam makanan memang penting, tetapi apabila nutrisi tidak mencapai rambut serta kulit kepala, semuanya sia-sia.

Untuk menjaga sirkulasi darah yang baik, coba untuk berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa memijat kulit kepala setiap hari selama 5-10 menit.

9. Tidur yang cukup

Waktu tidur yang berkualitas untuk orang dewasa berkisar antara 6-8 jam. Kurangnya kuantitas tidur bisa membuka jalan akan berbagai masalah kesehatan. Selain lemas dan tidak bertenaga, kurangnya waktu tidur berkualitas dapat membuat rambut perlahan memutih karena stres. Maka, waktu tidur yang cukup di malam hari sangat penting.

10. Sinar matahari yang cukup

Beruntunglah orang Indonesia yang tinggal di sekitar garis khatulistiwa. Sebab, sinar matahari menyinari setiap hari selama 12 jam. Tidak perlu takut terkena panas matahari. Sebab, Anda cukup berjemur di pagi hari dan pastikan rambut mendapat vitamin D yang bersumber dari panas matahari yang cukup.

Sebagai informasi, sinar matahari paling berbahaya dan kuat terjadi pada pukul 10.00-16.00 setiap hari. Jam-jam tersebut patut untuk dihindari. Namun, di luar itu, terutama pada pagi hari, sinar matahari amat kaya vitamin D yang bagus untuk rambut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini