5 Makanan Kaya Protein Ini Ampuh Turunkan Berat Badan, Apa Saja?

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Kamis 21 Juni 2018 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 21 481 1912264 5-makanan-kaya-protein-ini-ampuh-turunkan-berat-badan-apa-saja-m8hGJqkrbg.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

OBESITAS masih menjadi salah satu masalah yang sering terjadi di berbagai belahan dunia. Memiliki badan besar dan gemuk, tidak menjamin Anda menjadi sehat dan kuat. Salah-salah justru Anda malah menimbun banyak penyakit di dalamnya.

Banyak cara yang ditempuh masyarakat untuk menurunkan berat badannya agar kembali ideal. Mulai dari cara modern seperi sedot lemak, hingga cara tradisional dengan diet ketat pun mereka jabani.

Meski demikian, tidak semua usaha mereka dapat berjalan lancar. Justru hasilnya malah tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Tapi jangan terlalu kecewa dan berputus asa, beberapa penelitian menyebutkan protein bisa membantu Anda menurunkan berat badan loh.

Protein adalah bagian penting dari diet Anda. Anda membutuhkan protein untuk membangun otot dan membakar kalori. Protein tertentu akan membuat Anda merasa kenyang saat makan. Tidak masalah jika Anda seorang vegetarian atau pemakan daging, protein sangat penting untuk dikonsumsi.

Beberapa protein justru dapat bekerja dengan baik ketika dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Tidak semua protein akan memperbaiki tubuh secara merata. Menyadur dari Medical Herald, Kamis (21/6/2018), ada beberapa protein yang ampuh menurunkan berat badan Anda.

Baca Juga: Rambutmu Sudah Mulai Beruban? Coba Cegah dengan 10 Langkah Ini

1. Telur


Telur adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan protein. Putih telur adalah bagian yang direkomendasikan untuk siapa saja yang ingin menurunkan berat badan dan mendapatkan otot.

Telur adalah salah satu makanan penurun berat badan terbaik. Telur rebus memiliki 78 kalori. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan membuat Anda kenyang lebih lama daripada makan bagel berisi karbohidrat.

Baca Juga: 2 Rekomendasi Resep Olahan Pudding Spesial untuk Hangatkan Suasana Lebaran

2. Ikan Salmon

Salmon adalah ikan sehat yang dapat Anda makan untuk menurunkan berat badan. Fillet salmon 100 gram hanya mengandung 208 kalori. Tidak hanya sumber protein yang bagus, salmon juga mengandung lemak sehat. Anda bisa mengonsumsi ikan ini dengan berbagai cara, bisa diolah sesuai selera, atau dimakan mentah.

3. Dada ayam

Dada ayam adalah makanan kaya protein dan kerap dikonsumsi oleh para binaragawan. Dada ayam seberat 100 gram hanya akan membuat Anda mendapatkan 165 kalori. 100 gram dada ayam akan memberi Anda 31 gram protein yang memicu penurunan berat badan.

4. Tuna

Selain salmon, tuna adalah makanan penurun berat badan. Tidak banyak biaya yang harus di keluarkan untuk memperoleh ikan ini dan Anda dapat menyimpannya di dalam tas latihan sebagai camilan pasca-latihan. Satu porsi tuna 100 gram memiliki 30 gram protein dan hanya menghasilkan 184 kalori.

5. Alpukat

Alpukat adalah makanan favorit yang banyak kita jumpai. Jika Anda pergi ke kafe maka akan dengan mudah menemukan mereka dalam aneka menu. Buah yang berasal dari Meksiko ini mengandung lemak sehat dan salah satu buah hijau yang hanya memiliki 160 kalori.

Sebuah alpukat mengandung dua gram protein. Meskipun mungkin tidak tampak banyak, tapi alpukat biasanya digunakan sebagai topping. Jadi, jangan kaget jika alpukat bisa ditambahkan ke dalam salad Anda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini