HUT ke-491 Jakarta, Netizen: Minta Traktiran Sama Jakarta, Doi Lagi Selebrasi Tuh!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 22 Juni 2018 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 22 196 1912664 hut-ke-491-jakarta-netizen-minta-traktiran-sama-jakarta-doi-lagi-selebrasi-tuh-RYTMQk8vLU.jpg Ilustrasi HUT DKI Jakarta (Foto: Okezone)

SANG ibukota Indonesia berulang tahun hari ini. Ya, 22 Juni diperingati sebagai hari jadinya DKI Jakarta.

Sedikit sejarah dari perayaan ini. Penetapan hari jadi Jakarta adalah istilah yang merujuk pada penetapan yang dikeluarkan Sudiro, Wali Kota Jakarta periode 1953-1958.

Pada masa itu, Sudiro tahu bahwa Batavia yang dipimpin Belanda sudah punya hari jadinya. Namun, dia merasa bahwa Jaya Karta pun perlu memiliki hari ulang tahun yang berbeda dari yang sebelumnya.

Alhasil, Sudiro meneliti kapan Jakarta didirikan oleh Fatahillah. Salah satu tim penyidik, Drs. Sukanto, berhasil menemukan naskah berjudul Dari Jayakarta ke Jakarta dan dia menduga bahwa 22 Juni 1927 adalah hari yang paling dekat dengan dibangunnya Jakarta. Sejak saat itu, Jakarta selalu berulang tahun di tanggal 22 Juni.

Nah, tidak afdol rasanya jika ada yang ulang tahun tapi tidak dipanjatkan doa. Begitu juga dengan Jakarta. Terpantau di media sosial, sudah banyak netizen yang menghaturkan doa terbaik untuk Jakarta.

Salah satunya dari akun Twitter @kuspinasti1701. Cuitannya berbunyi:

HUT DKI

"Ruang terbuka hijau perlu ditingkatkan karena tumbuhan dan tanaman hijau dapat menyerap kadar karbondioksida (CO2), menambah oksigen, menurunkan suhu dengan keteduhan dan kesejukan tanaman, jadi area resapan air, serta meredam kebisingan. #HUT Jakarta491"

Bukan netizen kalau tidak berulah konyol. Di hari ulang tahun Jakarta ini, banyak juga dari mereka yang menghaturkan ucapan yang berbau guyonan. Ya, mulai dari yang memancing tawa sampai yang bikin kesal sendiri bacanya.

Berikut beberapa tweet netizen tentang HUT DKI Jakarta ke-491

HUT DKI

Tweet dari @redharamadhian ini mungkin fakta. "Dari nyang mukanye cakep kayak abang none sampe yang ancur kayak ondel-ondel, semuanya ada di Jakarta," katanya. Ngeselin!

HUT DKI

Lalu, ada juga tweet dari @rinoadriansyah, "Minta traktiranlah ama Jakarta! Doi lagi selebrasi tuh hari ini. Selamat ulang tahun Kota Jakarta! #HUTJakarta491"

HUT DKI

Bukan anak Betawi kalau tidak bisa pantun. Akun @RudiAdriian coba ngucapin ulang tahun ke Jakarta pakai pantun. Tapi pantunnya begini bunyinya, "Makan aer biar mateng. Makan aer biar mateng. Sampe gosong. Selamat ulang tahun Jakarta!" Hmm... Nganu, kok nggak nyambung, ya, bang? 

HUT DKI

Nah, ucapan ulang tahun dari @ricobabel mungkin sedikit berbeda. Dia sepertinya paham zodiak dan ini pandangannya tentang Jakarta. "Katanya Jakarta itu keras. Tapi, dia lahirnya tanggal 22 Juni, zodiaknya Cancer. Eh, Cancer itu kan lemah. Yaa yaa yaa...."

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini