nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menilik Asal Usul Soto Betawi, Ciri Khas Kuliner Asli Jakarta

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 22 Juni 2018 08:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 22 298 1912589 menilik-asal-usul-soto-betawi-ciri-khas-kuliner-asli-jakarta-beIgROL8Lh.png Soto Betawi Jakarta (Foto: Instagram/Kafe Betawi)

DALAM rangka memperingati HUT DKI Jakarta yang ke-491 tahun, Okezone kembali mengulas rekomendasi tempat makan soto betawi paling enak dan laris yang ada di Ibu Kota. Ya, seperti diketahui soto betawi menjadi salah satu kuliner tradisional kebanggaan warga Jakarta, bahkan kelezatannya sudah diakui di level nasional maupun internasional.

Jika menilik asal usulnya, soto betawi hadir dalam kuliner masakan Indonesia sekitar tahun 1977-1978, namun bukan berarti belum ada olahan soto sebelum tahun tersebut. Adalah Lie Boen Po, salah seorang pedagang soto betawi yang pertama kali mempopulerkan hidangan bercerita rasa gurih tersebut. Kini, sudah banyak gerai-gerai yang menjual olahan soto betawi tentunya dengan ciri khas mereka masing-masing.

Lalu dimana sajakah rekomendasi tempat menyantap soto betawi paling enak dan laris di Jakarta dan sekitarnya? Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Jumat (22/6/2018).

Soto Betawi H. Ma’ ruf

Para pencinta soto betawi pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat yang satu ini. Soto Betawi H. Ma'ruf memang sangat populer karena menyuguhkan olahan soto yang lezat, gurih, dan diolah tanpa MSG. Beberapa pejabat bahkan sering mengunjungi tempat ini untuk menikmati santap siang. Jika tertarik mencicipinya, Soto Betawi H. Ma'ruf berada di kawasan Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat.

Soto Betawi H. Mamat

Ingin merasakan sensasi menyantap soto betawi yang lezat, autentik, dengan beragam pilihan makanan? Datang saja ke Soto Betawi H. Mamat. Tempat makan yang satu ini memang selalu menjadi destinasi para pencinta kuliner nusantara, karena menawarkan olahan soto betawi yang gurih, dagingnya empuk, serta dilengkapi dengan kerupuk dan perkedel. Soto Betawi H. Mamat terletak di Jl. Raya Rawabuntu, Tangerang Selatan.

Soto Betawi H. Husen

Bergeser ke daerah Jakarta Selatan, di daerah ini Anda dapat mengunjungi Soto Betawi H. Husen yang terletak di Jl. Padang Panjang. Selain menyuguhkan olahan soto yang lezat, Anda juga bisa memesan paru goreng yang akan terasa nikmat ketika disantap bersama kuah soto yang gurih.

Β 

Soto Roxy H. Darwasa

Bagi Anda yang hobi makan besar, Soto Roxy H. Darwasa bisa menjadi pilihan yang tepat. Porsi soto ini cukup banyak dengan sajian kuah yang gurih dan menggugah selera. Namun sayangnya, Anda harus rela berdesak-desakan karena tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Daripada penasaran, yuk langsung cicipi kelezatan Soto H. Darwasa. Letaknya ada di Jl. Tidore, Jakarta Pusat.

#Soto Betawi

A post shared by 杨翼 πŸ–‹ IRWINβ„’ (@iindrawan) on

Kafe Betawi

Buat Anda yang ingin menyantap soto betawi dengan suasana nyaman, Kafe Betawi bisa menjadi alternatif terbaik. Dari segi rasa, Anda tidak perlu meragukan lagi cita rasa soto yang disuguhkan. Pasalnya, hidangan tersebut lah yang menjadi menu andalan tempat ini.

1
6

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini