nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ulang Tahun Jakarta, Yuk Meluncur ke 5 Tempat Soto Betawi Terlaris!

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 22 Juni 2018 12:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 22 298 1912642 ulang-tahun-jakarta-yuk-meluncur-ke-5-tempat-soto-betawi-terlaris-cFlDR9zFgq.jpg Soto Betawi

TEPAT hari ini Jakarta berulang tahun yang ke 491. Berbicara mengenai ibu kota negara ini rasanya kurang lengkap bila tidak membahas tentang kuliner khasnya. Ada beberapa makanan yang populer sepertki kerak telor, nasi uduk, nasi ulam, gado-gado, semur jengkol, soto Betawi dan masih banyak lagi.

Kali ini Okezone akan membahas mengenai soto Betawi. Makanan yang biasanya terdiri dari potongan daging sapi, kentang rebus, tomat, emping, dan kuah santan itu memang cukup menjadi favorit. Bahkan ada beberapa rumah makan yang sering didatangi pelanggan karena kelezatan rasanya.

 Baca juga: 3 Merek Indonesia Masuk 10 Mi Instan Terlezat di Dunia

Berikut 5 soto Betawi yang paling laris manis di Jakarta seperti yang dirangkum, Jumat (22/6/2018) :

Soto Betawi Afung

Soto Afung (Ig)

Perpaduan budaya Betawi dan Cina di Jakarta juga terjadi pada makanan. Di kawasan Pecinan Glodok, Jakarta Barat, tepatnya di Gang Gloria, ada sebuah rumah makan bernama Soto Betawi Afung yang telah berdiri sejak 1982. Di rumah makan ini sotonya tidak hanya terdiri dari potongan daging saja, tapi juga dengan campuran ayam, babat, urat, kikil, dan paru. Pengunjung pun bisa hanya memilih satu dari isian tersebut. Satu hal yang menjadi ciri khasnya adalah kuah santan encernya yang berwarna putih karena dimasak dengan campuran sumsum tulang. Potongan kentang, emping, tomat, dan perasan jeruk limo menambah kenikmatan soto Betawi. Di sana pengunjung juga bisa memilih menu lain yaitu soto mie.

 Baca juga: Mulai Jenuh dengan Pasangan? Lakukan Hal Ini Jika Ingin Hubungannya Awet!

Soto Betawi Bang Sawit

Soto Bang sawit (Ig)

Kelapa Gading di Jakarta Utara adlaah slaah satu kawasan kuliner yang sering menjadi pilihan bagi banyak orang. Di sana terdapat rumah makan Soto Betawi Bang Sawit yang terkenal karena kelezatannya. Terletak di Jalan Boulevard Raya QJ 1 No. 8, pengunjung bisa memilih isian soto mulai dari daging, babat, usus, kaki, paru, paru babat, paru usus, daging babat, hingga daging paru. Kuah kentalnya yang berwarna kuning kecokelatan dengan paduan rempah kapula, kaldu, dan santan terasa sangat gurih. Uniknya, soto Betawi di rumah makan ini disajikan di atas kompor kecil sehingga selalu panas ketika disantap.

Soto Betawi H. Husen

soto betawi h husein (Ig)

Bagi Anda penggemar soto Betawi tentu sudah tidak asing lagi dengan rumah makan yang satu ini. Rasanya memang kurang lengkap bila tidak mencicipi Soto Betawi H. Husen yang terletak di Jl. Padang Panjang No 6B - 6C, Manggarai, Jakarta Selatan. Tempat ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya karena racikan soto Betawi yang terdiri dari paru goreng, usus, daging, dan jeroan lainnya serta potongan kentang, tomat, dan emping. Kelezatan kuahnya yang sangat kental, gurih, dan berwarna kuning menjadi alasan pengunjung untuk makan di sana.

 Baca juga: Perdana di Royal Ascot, Penampilan Sempurna Meghan Markle Kembali Langgar Aturan Kerajaan

Soto Betawi H. Ma'ruf

Soto Betawi H. Ma'ruf (Ig)

Satu lagi rumah makan soto Betawi yang tidak boleh terlewatkan untuk dicicipi. Berdiri sejak 1940, Soto Betawi H. Ma'ruf terkenal karena kenikmatan racikan makanannya tanpa MSG ini berada di kawasan Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. Paduan daging sapi, jeroan bertekstur empuk, dengan kuah santan gurih berwarna cokelat dijamin akan memanjakan lidah pengunjung yang datang. Ada pula menu lain yang bisa dipilih seperti paru goreng, laksa Betawi, sate, sapi, sate kambing, dan ayam goreng.

Soto Betawi Sambung Nikmat

soto betawi Sambung Nikmat (IG)

Berbeda dengan sajian soto Betawi di tempat lain, di Soto Betawi Sambung Nikmat pengunjung akan menemukan kuah berwarna merah. Kuah kentalnya yang berisikan campuran rempah dan santan terasa sangat gurih. Diracik oleh H. Ridwan, soto Betawi di tempat ini terdiri dari paru, kikil, dan daging sapi. Selain itu, bila soto biasanya disajikan di mangkuk, di sini soto disajikan di atas piring dengan kuah yang melimpah. Lokasi rumah makan ini terletak di Jalan Ciputat Raya No. 2, Pondok Indah, Jakarta Selatan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini