nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bernostalgia Menikmati Kuliner Khas Betawi di Jakarta Fair Kemayoran 2018

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 22 Juni 2018 18:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 22 298 1912816 bernostalgia-menikmati-kuliner-khas-betawi-di-jakarta-fair-kemayoran-2018-GPYuGjIp3O.jpg Kuliner Betawi di PRJ Kemayoran 2018 (Foto: Dimas/Okezone)

SEIRING berkembangnya zaman, tren kuliner pun kini mengalami pergeseran hingga memunculkan berbagai jenis makanan kekinian. Di tengah menjamurnya hidangan kekinian tersebut, ternyata masih banyak festival besar yang menyediakan pilihan kuliner tradisional khas Nusantara, termasuk pada pagelaran Jakarta Fair Kemayoran.

Di acara ini Anda dapat menemukan berbagai jenis kuliner tradisional yang tersebar di seluruh area pameran. Salah satu kuliner yang selalu menjadi idola konsumen setiap tahunnya adalah kerak telor. Makanan asli Betawai ini terbuat dari beras ketan putih, telur, ebi, dan campuran rempah-rempah lainnya, sehingga menghasilkan sensasi rasa gurih yang menggugah selera.

Kerak telor dapat Anda temukan di beberapa area open space Jakarta Fair. Harganya pun relatif terjangkau. Mulai dari Rp20 ribu untuk telur ayam dan Rp25 ribu untuk telur bebek, pengunjung sudah bisa menikmati hidangan yang kini sudah mulai sulit ditemukan di pasaran.

Tak hanya kerak telor, berbagai hidangan betawi lainnya pun kembali dihadirkan untuk memanjakan lidah para pengunjung, Beberapa di antaranya seperti toge goreng, es selendang mayang, dodol betawi, hingga minuman menyegarkan yang dikenal dengan nama bir pletok. Semua hidangan ini bisa Anda temukan dalam satu area khusus di area Gambir Expo yakni, Kampung Betawi.

Kuliner Betawi di PRJ

Selain hidangan Betawa, acara ini juga memberikan ruang untuk makanan tradisional dari belahan Nusantara lainnya. Salah satu hidangan dari Cirebon misalnya, yaitu tahu gejrot dengan sensasi pedasnya yang khas. Satu porsi tahu gejrot dijual seharga Rp15 ribu saja.

Ada juga lumpia khas Semarang milik Ny.Yoen hingga bakpia phatok khas Jogja dengan beragam pilihan rasa seperti kacang ijo, keju, cokelat, dan masih banyak lagi. Untuk pilihan santap malam, Anda bisa mencicipi sate padang yang terbuat dari potongan daging dah lidah sapi, lalu dibaluri dengan bumbu sate bercita rasa pedas dan sedikit manis.

Kerak Telor

Berbagai pilihan menu makanan berat lainnya pun bisa ditemukan di Kampung Kuliner Bali yang menawarkan beragam hidangan tradisional khas Pulau Dewata. Beberapa diantaranya seperti nasi pedas, sate lilit, hingga nasi bebek.

Nah, bagi Anda yang belum memiliki rencana akhir pekan, Anda bisa menyambangi Jakarta Fair Kemayoran yang terletak di Jakarta Internasional Expo (JIEXPO), Kemayoran, Jakarat pusat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini