nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bir Pletok dan Es Selendang Mayang, Minuman Khas Betawi yang Tak Kalah Nikmat dengan Kuliner Kekinian

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 23 Juni 2018 15:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 22 298 1912926 bir-pletok-dan-es-selendang-mayang-minuman-khas-betawi-yang-tak-kalah-nikmat-dengan-kuliner-kekinian-FcYLMHVWqu.jpg Bir pletok minuman khas Betawi (Foto: Wikipedia)

SALAH satu suku yang ada di Jakarta adalah Betawi. Suku ini bahkan disebut-sebut sebagai suku pertama yang menetap di ibu kota. Sudah tahu banyak mengenai suku ini?

Bagi sebagian orang yang sudah tahu, pasti cukup mengenali logat bicara seseorang saja, Anda dapat menebak jika orang tersebut anak Betawi. Ciri khas bicara ini bisa Anda lihat dalam sinetron jadul Si Doel Anak Sekolah. Penggambaran seperti apa anak Betawi secara singkat.

Nah, selain gaya bicara, anak Betawi juga ternyata punya kreasi yang hingga kini tetap lestari. Ini masalah lidah. Ya, suku Betawi ternyata memiliki minuman khas yang hingga kini masih tetap eksis bahkan terus berkembang. Apa saja minuman itu?

Okezone secara khusus coba menjabarkan 2 minuman khas Betawi yang cukup populer, yang pertama bir pletok dan satunya adalah selendang mayang. Terdengar aneh memang, tetapi ketika Anda menjajal kedua minuman ini, jangan heran jika lidah minta nambah terus! hehehe

So, apa itu bir pletok dan selendang mayang?

Bir Pletok

Menurut beberapa referensi, minuman yang satu ini awalnya adalah minuman masyarakat asli Betawi. Jadi, ketika orang Betawi pengin juga merasakan bir yang banyak diminum oleh bangsa Belanda, mereka menciptakan minuman sendiri.

Masyarakat Betawi banyak yang menganut Islam dan di agama ini sudah jelas yang namanya alkohol itu dilarang dan karena itu, bir yang mereka ciptakan tidak ada alkoholnya sama sekali. Malah, mereka menggunakan rempah-rempah asli Indonesia untuk membuat rasa minuman ini nikmat.

Menurut sumber lain, jika merujuk pada suku kata minuman ini, maka ada dua kata di sana. Ada bir dan ada pletok. Untuk bir sendiri, ternyata ini tidak dimaknai sebagi minuman beralkohol, tetapi bi'run yang artinya abyar atau sumber mata air. Sedangkan, kata pletok artinya ada tiga; yaitu dibuat dari bambu, ditaruh di teko, atau dikocok yang mana itu menimbulkan bunyi yang terdengar 'pletok'.

Bicara mengenai bahan-bahan yang dipakai untuk membuat minuman ini, sebetulnya semua bahan bisa Anda temukan di dapur. Bahan-bahan tersebut antara lain jahe, kapulaga, lada hitam, cengkeh, biji pala, kembang pk, cabe jawa, kayu manis, kayu secang, sereh, daun jeruk, daun pandan, dan gula pasir putih. Semua bahan tersebut diolah menjadi satu dan terciptalah bir pletok.

Bir Pletok(Foto: Wikipedia)

Selendang Mayang

Siapa pun yang sudah pernah merasakan nikmatnya es yang satu ini, Anda perlu bersyukur. Sebab, minuman ini konon sudah sangat sulit ditemukan, Di lain sisi, kabar ini pun tentunya menyedihkan, karena itu berarti minuman khas Betawi ini sudah tidak lagi banyak yang membuatnya.

Nah, jika Anda berniat untuk membuat es ini kembali populer, cara membuatnya cukup mudah. Pun bahan-bahan yang diperlukan mudah untuk didapatkan. Es selendang mayang biasanya hanya memerlukan bahan seperti tepung beras yang kemudian dicampurkan ke tepung sagu, kemudian dibentuk menyerupai agar-agar. Sesederhana itu, tapi rasa yang diciptakan bikin lidah bergoyang terus!

Selendang Mayang(Foto: Npicom)

Agar es ini lebih nikmat, biasanya dikonsumsi bersamaan dengan kuah santan gurih dan es serut. Sudah terasa bagaimana segar sekaligus gurihnya minuman yang satu ini? Hehe

Sementara itu, kenapa orang Betawi bilang es ini selendang mayang? Konon, itu semua karena warna yang terbentuk dari perpaduan bahan-bahannya. Memang, sekilas es ini seperti selendang dengan warna putih santan yang di atasnya terdapat agar-agar. Jadi ngiler...

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini