nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Kuliner Khas Betawi yang Mulai Langka, Coba Icipi Sebelum Hilang

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 23 Juni 2018 07:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 22 298 1912927 3-kuliner-khas-betawi-yang-mulai-langka-coba-icipi-sebelum-hilang-3qhQdYEz5C.jpg Ilustrasi Sengkulun. (Foto: MakananAjib)

TIDAK bisa dipungkiri, banyak tradisi lama yang mulai tergerus modernisasi. Salah satu penyebab masalah ini datang dari ketidaktahuan yang akhirnya membuat hilangnya penerus.

Jadi, yang bisa dilakukan untuk mempertahankan budaya dan tradisi salah satunya adalah ikut membudidayakannya. Tak terkecuali masalah perut.

Di Jakarta sendiri, sudah banyak kuliner yang dicap langka oleh sebagian pihak. Hal ini dikarenakan kehadiran makanan tersebut sudah tidak banyak lagi bisa ditemukan. Sekali pun ada, mungkin Anda memintanya ke anak Betawi asli atau ke orangtua asli Betawi.

Beradasarkan penelusuran Okezone, ada 3 menu makanan ini yang konon sudah sulit ditemukan. Makanan apa saja itu?

Baca Juga: Tampil Seksi dengan High Slit Dress, Miss V Penyanyi Dua Lipa Hampir Terlihat!

1. Sengkulun

(Foto: Cookpad)

Jika dibaca, mungkin Anda bingung, benarkah ini makanan khas Betawi? Tapi, begitulah faktanya. Makanan bercita rasa manis ini ternyata terpengaruh oleh bidaya China kala itu.

Hal ini terlihat dari bentuk dan warnanya. Sepintas, sengkulun mirip dengan kue keranjang. Secara detail, kue ini memiliki permukaan yang sedikit kasar, teksturnya lunak, kenyal, namun lembut ketika dimakan.

Itu semua karena bahan baku kue ini adalah tepung ketan. Kemudian, untuk warnanya sendiri, sengkulun tidak menggunakan pewarna makanan. Warna cokelat yang tercipta berasal dari gula merah yang sekaligus digunakan sebagai pemanis makanannya.

Rasa sengkulun juga gurih. Ini karena penggunaan santan kental di dalamnya. Duh, pokonya sekali gigit, bikin mulut nggak berhenti mengunyah!

Nah, jika Anda tertarik untuk menjajal kue ini, di daerah Jalan Dokter Krt. Radjiman Widyodiningrat, Jatinegara, Cakung, ada warung yang menjual makanan ini. Silahkan menjajalnya.

2. Jongkong Kopyor

(Foto: Youtube/Ani Suka Masak)

Camilan yang satu ini rasanya manis sekaligus gurih. Sepintas, jika Anda melihatnya, makanan ini seperti puding rasa pandan. Tetapi, ketika mencicipinya teksturnya lebih padat dan rasanya tidak hanya manis, tetapi gurih.

Bahan-bahan untuk membuat makanan Betawi yang sudah langka ini pun tak begitu sulit. Anda hanya membutuhkan tepung beras, tepung sagu, dan santan.

Sedikit informasi, makanan ini sudah sangat jarang ada di Jakarta. Padahal, makanan ini konon berperan melengkapi meja hidangan saat orang Betawi menggelar upacara adat. Untuk Anda yang mau mencicipi makanan ini, Anda bisa membelinya melalui online di salah satu produsen camilan.

3. Kue Abuk

(Foto: Ayo Memasak)

Nah, kue ini pun asalnya ternyata dari Betawi. Jika Anda melihatnya, maka Anda akan berkata seperti ini, "Bukannya itu kue putu, ya?" Benar. Secara garis besar, kue ini mirip dengan kue putu. Hanya, bentuknya yang berbeda. Kue abuk berbentuk kerucut dan dibungkus dengan daun pisang.

Rasanya, kue ini sudah benar-benar sulit dicari di Jakarta. Orang-orang hanya mengenal kue putu, dan akhirnya kue ini kalah pamor. Menurut beberapa sumber rasa dari kue abuk lebih nikmat karena tepung ketan dan parutan kelapanya lebih berasa.

Nah, jika Anda tertarik untuk mencobanya, kue abuk atau yang biasa disebut kue putu mayang Betawi ini bisa Anda temukan di kawasan Palmerah Jakarta Barat, tepatna di Kue Putu Mayang Betawi Asiyah di Jalan 7 16 No.22, Jalan Sandang, Nomor 2, RT 7/RW 16, Palmerah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini