nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korea Selatan Larang Konsumsi Daging Anjing

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 22 Juni 2018 11:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 22 406 1912661 korea-selatan-larang-konsumsi-daging-anjing-eykftOJqlA.jpg Larangan Konsumsi Daging Anjing di Korea (Foto: Dailymail)

KOREA Selatan kabarnya mencoret anjing sebagai bahan makanan mereka. Hal tersebut dilakukan setelah peraturan pengadilan memutuskan bahwa membunuh dan mengonsumsi hewan berkaki empat tersebut adalah illegal.

Sebuah pengadilan di Korea Selatan mengatakan membunuh anjing untuk diambil dagingnya adalah perbuatan illegal. Pada keputusan tersebut para aktivis hak-hak binatang mengatakan bahwa masyarakat tidak boleh mengonsumsi hewan bertaring.

Sebagaimana diketahui daging anjing telah lama menjadi bagian dari masakan Korea Selatan. Sekira satu juta anjing dibunuh dan dimakan setiap tahunnya. Namun, kelompok hak asasi hewan mengajukan keluhan terhadap operator peternakan anjing di Bucheon.

Mereka menilai peternakan tersebut telah membunuh hewan tanpa alasan yang tepat dan melanggar peraturan bangunan dan kebersihan. Alhasil pemilik peternakan tersebut dihukuk oleh pengadilan Kota Bucheon yang memutuskan bahwa mengonsumsi daging bukanlah menjadi alasan yang tepat untuk membunuh anjing.

Sang pemilik usaha akhirnya didenda sebesar tiga juta won atau sekira Rp 38,8 juta. Sejak saat itu konsumsi daging di Korea Selatan telah menurun. Sebagian besar generasi muda Korea ikut berkontribusi mendukung peraturan ini di tengah desakan yang dilakukan para aktivitas pencinta hewan lainnya.

Pihak berwenang telah menerapkan peraturan kebersihan dan undang-undang perlindungan hewan yang melarang metode penyembelihan kejam untuk menindak peternakan anjing dan restoran yang menyajikan menu hewan tersebut. Peraturan tersebut diberlakukan sevelum acara internsional seperti Olimpiade Pyeongchang.

Seorang pengacara bernama, Kim Kyung-eun menyambut keputusan itu pada April 2018. Ia mengaku setuju dengan larangan mengonsumsi daging anjing yang telah mengakar dalam diri orang Korea Selatan.

“Ini sangat signifikan karena itu adalah keputusan pengadilan pertama tentang membunuh anjing untuk mengambil dagingnya adalah tindakan ilegal. Preseden membuka jalan untuk melarang konsumsi daging anjing secara keseluruhan,” tegas Kim Kyung, sebagaimana dilansir dari Daily Mail, Kamis (21/6/2018).

Ketua pemerhati hewan, Park So-youn mengatakan kelompoknya telah melacak peternakan anjing dan rumah pemotongan di seluruh Korea dengan maksud untuk mengajukan keluhan serupa terhadap pihak yang berwenang.

“Selama beberapa decade terakhir, wacana public tentang konsumsi daging anjing telah bergeser ke arah melarangnya. Industri daging anjing akan semakin panas akibat putusan pengadilan, “ tutur Park So.  

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini