nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Khawatir Anak Jajan Sembarangan? Menu Camilan Ini Bisa Jadi Pilihan Enak Sekaligus Sehat!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 22 Juni 2018 14:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 22 481 1912656 khawatir-anak-jajan-sembarangan-menu-camilan-ini-bisa-jadi-pilihan-enak-sekaligus-sehat-ZqWuYAXGyH.jpg Makanan sehat anak (Foto: Dailymail)

JAJAN sembarangan menjadi kekhawatiran orangtua. Terlebih ketika tahu bahwa di sekitar sekolah atau tempat bermain si anak, terdapat penjual makanan yang menyediakan menu jajanan yang kurang sehat.

Mengatasi masalah ini bukan sekadar nasihat atau malah mengurangi uang jajan si anak. Cara lain yang mungkin lebih baik adalah menyiapkan camilan sehat agar si anak tegap mengonsumsi makanan bergizi yang tentunya ini baik untuk kesehatannya.

Menu makanan sehat tapinya tidak banyak disukai anak-anak. Rasanya yang kurang enak atau tidak begitu bervariasi dari segi jenis makanan, membuat anak biasanya ogah mengonsumsi camilan sehat ini. Tapi, Ahli Gizi Australia Mandy Sacher menegaskan bahwa pengaturan jenis makanan ini baik untuk kondisi tubuh si anak.

 Baca juga: Rayakan Ulang Tahun Jakarta dengan Semur Jengkol Bebas Bau Rasa Nampol!

Hal pertama yang harus diperhatikan, terang Mandy, adalah penempatan kembali barang-barang di dapur, sehingga si anak tidak memiliki pilihan lain yang bisa mengalihkan pilihannya. Sebut saja misalnya daging olahan, adonan kue, atau sesuatu yang memiliki rasa manis, ditempatkan jauh dari pandangan si anak.

Selanjutnya, yang bisa dilakukan adalah mengganti sereal yang terlalu manis dengan sereal oat atau buatan Anda sendiri. Kemudian, bisa juga mengganti camilan manis si anak dengan popcorn atau buah-buahan. Ini baik untuk melengkapi asupan serat si anak dan itu membantunya mendapatkan gizi yang lebih baik.

 

"Sebisa mungkin, saya sarankan mengarahkan anak Anda ke lemari es untuk menemukan makanan pengganti untuk camilan mereka," terang Mandy, seperti mengutip Daily Mail, Jumat (22/6/2018).  

Selain itu, jika si anak membutuhkan makanan yang lebih 'berat', Anda bisa menyiapkan sandwich dengan isian keju-tomat ditambah hummus buatan sendiri, ricotta spread, tzatziki, alpukat, atau juga bisa menambahkan ayam suir. Menu ini mungkin terdengar aneh, tapi masalah rasa, anak Anda pasti menyukainya.

Sementara itu, banyak banyak orangtua melaporkan bahwa mereka terkejut dengan pilihan yang anak-anak makan saat nyemil. Mungkin, secara tidak sadar, mungkin anak Anda pernah mengonsumsi es buih yang ada di dalam freezer saking mereka ingin makan sesuatu. Untuk menyiasati ini, cara paling mudah adalah menempatkan buah-buahan di dalam lemari es secara rutin.

 Baca juga: Perdana di Royal Ascot, Penampilan Sempurna Meghan Markle Kembali Langgar Aturan Kerajaan

Nah, agar pilihan menu camilan lebih bervariasi, menu berikut mungkin bisa jadi pilihan lain yang tentunya membuat anak-anak senang memakannya. Mandy memberikan beberapa menu yang bisa Anda jajal buat, berikut di antaranya:

1. Telur rebus berbentuk karakter kesukaan si anak

2. Sayur rebus dengan saus buatan sendiri

3. Rumput laut dengan tambahan ayam suir dan beberapa sayuran lain yang rasanya manis

4. Yoghurt alami dan buah campur

5. Salad keju, tomat, dan mentimun (potong keju menjadi bentuk yang menyenangkan)

6. Buah, sayuran, dan keju yang ditusuk menjadi satu.

(dno)

Berita Terkait

Camilan sehat

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini