Bahaya Terlalu Lama Pakai Lensa Kontak, Mata Anda Tumpuk Bakteri!

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 22 Juni 2018 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 22 481 1912717 bahaya-terlalu-lama-pakai-lensa-kontak-mata-anda-tumpuk-bakteri-xhVJIF5m3h.jpg Ilustrasi Lensa Kontak. (Foto: Indiatimes)
 

ORANG yang memiliki masalah pada pengelihatannya seperti rabun jauh, rabun dekat, atau silinder membutuhkan kacamata untuk beraktivitas sehari-hari. Kacamata membantunya untuk mendapatkan penglihatan yang normal. Akan tetapi, beberapa orang ada yang lebih memilih menggunakan lensa kontak.

Banyak alasan ketika seseorang memutuskan memakai lensa kontak. Entah itu karena tuntutan pekerjaan atau tidak mau diribetkan dengan kacamata. Apapun alasannya, setiap orang yang memakai lensa kotak harus tahu bahwa benda itu tidak bisa terlalu lama digunakan.

Lensa kontak tidak bisa setiap hari digunakan. Mata harus diistirahatkan dari penggunaan lensa kontak dalam jangka waktu tertentu. Bila dipaksakan menggunakannya setiap hari dan terlalu lama, tentu ada bahaya yang mengintai pada kesehatan mata.

Baca Juga:  Tampil Seksi dengan High Slit Dress, Miss V Penyanyi Dua Lipa Hampir Terlihat!

(Foto: situs Health Care)

Seiring berjalannya waktu, lensa kontak membangun protein di permukaan lensa yang dapat menyebabkan reaksi mirip alergi. Selain menimbulkan ketidaknyamanan, reaksi alergi juga dapat berpotensi mengacaukan penglihatan. Tak hanya penumpukan protein, bakteri pun dapat menumpuk di lensa kontak yang pada gilirannya menyebabkan infeksi mata, mengancam penglihatan, dan rasa nyeri.

Masalah lain yang bisa timbul akibat menggunakan lensa kontak terlalu lama adalah pengurangan jumlah oksigen yang mencapai kornea. Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah tumbuh di kornea dan meningkatkan risiko infeksi mata.

"Infeksi mata sangat menyakitkan dan dapat menyebabkan hilangnya penglihatan permanen," ungkap seorang dokter mata Jeffrey J. Walline, OD, Ph.D seperti yang dikutip dari Women's Health, Jumat (22/6/2018).

Baca Juga: 5 Pemain Sepakbola yang Punya Tampang dan Body Keren, Jangan Minder Ya Guys

(Foto: eyecontact)

Perkembangan teknologi untuk membuat lensa kontak sekarang ini memang menurunkan risiko infeksi. Akan tetapi, lensa kontak tetap saja dapat menyebabkan jaringan parut yang berimbas pada kehilangan penglihatan.

Maka dari itu, sangat penting untuk menghentikan penggunaan lensa kontak selama beberapa waktu. Hal lain yang tak kalah penting adalah menjaga kebersihan lensa kontak agar tidak terjadi penumpukan bakteri.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini