nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 3 Jenis dan Penyebab Kram Otot yang Sering Dialami Banyak Orang

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 22 Juni 2018 19:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 22 481 1912784 ini-3-jenis-dan-penyebab-kram-otot-yang-sering-dialami-banyak-orang-YU6bTy9jpM.jpg Ilustrasi kram perut (Foto: Today)

DI antara Anda tentu sudah pernah yang mengalami namanya kram. Kondisi ini membuat otot-otot menjadi kaku dan mati rasa. Di beberapa bagian tubuh kram dapat menyebabkan otot tiba-tiba memendek dan mengalami kejang.

Banyak alasan yang menjadi penyebab kram. Mulai dari penuaan, melakukan olahraga berat, mengonsumsi obat kolesterol dan tekanan darah tinggi, dehidrasi, hingga penyakit hati. Apapun penyebabnya, terkadang kram bisa membuat seseorang merasakan nyeri yang tidak tertahankan. Walau begitu, kram lebih sering tidak berbahaya.

Kram juga terbagi atas beberapa jenis. Melansir Independent, Jumat (22/6/2018), inilah jenis-jenis kram yang mungkin belum Anda ketahui:

 Baca Juga:  Perdana di Royal Ascot, Penampilan Sempurna Meghan Markle Kembali Langgar Aturan Kerajaan


Kram kaki

Di pertandingan olahraga seperti sepak bola, kita sering melihat banyak atlet yang duduk terkapar karena tidak bisa menggerakkan kakinya akibat kram. Kram ini biasanya terjadi di betis atau hamstring. Selain karena aktivitas berlebih, kram kaki juga bisa terjadi pada orang yang kurang melakukan aktivitas fisik dan menjalani gaya hidup sedentari.

Kram ini biasanya sering terjadi pada saat seseorang sedang beristirahat terutama di malam hari. Untuk mengatasinya, cobalah melakukan peregangan otot khususnya otot betis. Usahakan untuk melakukan latihan peregangan rutin untuk membantu mencegah terjadinya kram di kemudian hari. Obat seperti parasetamol atau ibuprofen juga bisa membantu.

Kram menstruasi

Banyak perempuan yang sering mengalami kram saat menstruasi. Rasa nyeri biasanya hinggap di perut bagian bawah, punggung bawah, pinggul, dan paha. Bagi beberapa perempuan, rasa kram dapat berkembang menjadi kejang seperti kontraksi. Kram ini terjadi karena dinding otot rahim berkontraksi sehingga menekan pembuluh darah yang menyebabkan pemotongan suplai oksigen ke rahim.

 Baca Juga: Menggemaskan, Bayi Kembar Ini Didandani Kostum Negara yang Ikut Piala Dunia

Kram perut

Tak hanya pada saat menstruasi, kram perut juga bisa dialami oleh siapa saja. Banyak penyebab untuk kram perut. Mulai dari kondisi yang tidak serius hingga serius seperti radang usus buntu, batu ginjal, dan penyakit hati.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini