nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bangunan Bersejarah di Jakarta yang Patut Dikunjungi!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 23 Juni 2018 14:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 23 406 1913096 bangunan-bersejarah-di-jakarta-yang-patut-dikunjungi-szxPpwUxaI.jpg Gedung joeang 34 (Tripholiday)

INDONESIA memiliki segudang sejarah di dalamnya. Bukan hanya kisah perjuangan rakyat Indonesia, namun berbagai bangunan bersejarah pun masih kokoh berdiri menghiasi berbagai wilayah di Tanah Air.

Salah satu daerah yang menjadi bukti perjuangan rakyat Indonesia dalam melawan penjajah untuk merebut kemerdekaan adalah Jakarta. Ibu Kota Indonesia ini baru saja merayakan hari ulang tahunnya (HUT) yang ke-491 pada Jumat 22 Juni 2018.

Merangkum dari Jakarta Tourism, Sabtu (23/6/2018), Okezone akan membahas mengenai lima banguan bersejarah di Jakarta yang bisa kalian kunjungi saat liburan.

 Baca juga: 3 Kuliner Khas Betawi yang Mulai Langka, Coba Icipi Sebelum Hilang


1.Gedung Joang 45

Pada museum ini Anda dapat melihat perjuangan rakyat Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan.Tempat ini menyimpan berbagai koleksi benda-benda peninggalan para pejuang Indonesia. Mobil Dinas resmi presiden dan wakil presiden pertama Indonesia yang terkenal dengan REP 1 dan REP 2 serta mobil peristiwa pemboman di Cikini juga tersimpan di tempat ini.

Anda juga dapat menikmati berbagai foto di masa silam serta buku-buku dan barang besejarah lainnya di tempat ini. Ada juga foto studio yang menyediakan kostum para pejuang untuk dikenakan oleh para pengunjung.

2.Mesjid Istiqlal

Sebagai orang Jakarta pasti tempat ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Bisa dibilang ini menjadi masjid terbesar di kawasan Asia Tenggara baik dari aspek struktur dan kapasitas. Mesjid ini bisa menampung sekira 120 ribu orang. Istiqlal terletak di tempat yang strategis yakni di Taman Wijaya Kusuma, Jakarta Pusat dan berada di bagian timur Lapangan Merdeka. Mesjid ini tampak gagah dengan kubah berdiameter 45 meter dan dilengkapi dengan Menara yang tinggi

 Baca juga: Tampil Seksi dengan High Slit Dress, Miss V Penyanyi Dua Lipa Hampir Terlihat!

Istqlal

Mesjid Agung Istiqlal ini terinspirasi oleh presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, dimana pembangunannya membutuhkan waktu hingga 17 tahun. Tepat pada 22 Februari 1978 Presiden Indonesia kedua, Soeharto meresmikan mesjid ini sebagai mesjid nasional Indonesia.

3.Gereja Katolik Kathedral

Jika tadi membahas soal Masjid Istiqlal, Jakarta juga memiliki gereja katolik terbesar. Adalah Gereja Katolik Kathedral yang letaknya bersebrangan dengan Masjid Istiqlal. Gereja ini berdiri di sudut utara Lapangan Banteng yang dulunya bernama Waterlooplein atau Alun-alun Waterloo di Jakarta Pusat.

Pada samping Kathedral terdapat Sekolah Perempuan Santa Ursula yang berusia ratusan tahun. Kedekatan Kathedral dengan Istiqlal bukanlah sebuah kebetulan, pasalnya presiden pertama, Soekarno memilih tempat tersebut dengan sengaja. Ini merupakan wujud yang melambangkan filosofi kebersamaan bangsa dalam keragaman di mana semua agama hidup berdampingan dalam damai dan harmonis.

 Baca juga: Nonton Langsung Piala Dunia? Jangan Lupa Nikmati 'Wanginya' Sholat di Masjid Katedral Moskow

4.Monumen Proklamasi (Tugu Proklamasi)

Tugu Proklamasi dibangun di kompleks Taman Proklamasi, Jakarta Pusat, dahulunya tempat ini adalah Jl. Pegangsaan Timur No. 56, dan merupakan rumah Bung Karno. Tugu ini diresmikan pada 17 Agustus 1972, oleh Menteri Penerangan,Budiardjo.

Selain tugu proklamasi ada dua obyek penting lain. Pertama adalah Tugu Peringatan Satu Tahun Proklamasi yang dibuat pada 1946 sebagai peringatan ulang tahun pertama republik Indonesia. Kedua adalah Monumen Proklamator Soekarno-Hatta, yang dibuat dengan tinggi 4,3 meter dengan bahan perunggu.

5.Monumen Nasional (Monas)

 Monas (Okezone)

Monas merupakan landmark Indonesia, terletak di Jalan Merdeka Barat. Monas merupakan banguan pertama dan terbesar di Asia tenggara. Museum ini menyimpan koleksi lebih dari 140 ribu macam artefak. Monas juga menyimpan bagaimana cerita prasejarah Indonesia melalui beberapa kerajaan besar seperti Sriwijaya di Sumatra dan Majapahit di Jawa, ada juga beberapa kerajaan yang sangat kuat di Indonesia timur.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini