nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata, Minum Kopi 4 Cangkir Sehari Sehatkan Jantung Kita, Loh!

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 23 Juni 2018 21:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 23 481 1913185 ternyata-minum-kopi-4-cangkir-sehari-sehatkan-jantung-kita-loh-6SdvidsCL6.jpg Kopi (One medical)

MANFAAT kopi bagi kesehatan sering menimbulkan perdebatan. Namun, studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kafein punya korelasi dengan peningkatan kesehatan jantung. Empat cangkir kopi sehari disebut-sebut dapat membantu melindungi dan memperbaiki sel-sel kardiovaskular.

Studi tersebut dilakukan oleh peneliti dari Heinrich-Heine University dan IUF-Leibniz Research Institute for Environmental Medicine di Dusseldorf, Jerman, dan dipublikasikan pada jurnal PLOS Biology. Hasilnya, kafein disebut mampu meningkatkan kesehatan sel yang melapisi pembuluh darah arteri dan vena.

 Baca juga: Bir Pletok dan Es Selendang Mayang, Minuman Khas Betawi yang Tak Kalah Nikmat dengan Kuliner Kekinian

Kopi

Para peneliti itu bahkan menyarankan minum kopi atau minuman mengandung kafein lainnya mempunyai manfaat tertentu bagi orang-orang lanjut usia yang lebih berisiko mengalami penyakit jantung dari pada orang-orang yang lebih muda.

Menurut penelitian, kafein menginduksi pergerakan protein yang disebut p27 ke mitokondria. Pergerakan tersebut dapat melindungi sel-sel otot jantung dari sel-sel mati serta membantu memperbaiki otot jantung.

 Baca juga: Jersey Negara Peserta Piala Dunia yang Fashionable, Mana yang Paling Kamu Suka?

Studi tersebut dilakukan pada tikus sebagai percobaan. Pada eksperimen, kafein mampu menjadi pelindung kerusakan jantung pada tikus yang mengalami kondisi pra-diabetes, obesitas, dan tua. Para peneliti yakin, manfaat yang sama dapat dirasakan pada manusia apabila meminum empat cangkir kopi dalam satu hari.

“Hasil penelitian mengindikasikan mode baru kafein, yang mendorong perlindungan dan perbaikan otot jantung melalui aksi mitokondria p27. Hasil ini harus mengarah pada strategi yang lebih baik untuk melindungi otot jantung dari kerusakan, termasuk pertimbangan konsumsi kopi atau kafein pada lansia,” ujar pemimpin studi, Professor Judith Haendeler, mengutip dari Independent, Sabtu (23/6/2018).

 Baca juga: Nonton Langsung Piala Dunia? Jangan Lupa Nikmati 'Wanginya' Sholat di Masjid Katedral Moskow

Kopi

Pendapat berbeda disampaikan Professor Tim Chico dari Cardiovascular Medicine and Honorary Consultant Cardiologist University of Sheffield, Inggris. Ia mengakui penemuan itu sangat menarik tetapi harus diuji secara klinis terlebih dahulu. Bukti memang terpampang nyata, tetapi orang-orang tidak seharusnya terburu-buru dalam mengambil keputusan menambah konsumsi kafein.

“Saya tidak yakin orang-orang harus lebih banyak minum kopi setelah membaca penelitian ini, tetapi mereka yang sudah meminum kopi secara rutin bisa lebih yakin kalau kebiasaannya itu membawa manfaat bagi kesehatan selama tidak digunakan sebagai minuman penutup setelah makan muffin, kue, atau donat,” tukas Tim Chico.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini