nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiga Berantai, Aliran Silat yang Membawa Iko Uwais Terkenal ke Mancanegara

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 24 Juni 2018 09:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 24 406 1913298 tiga-berantai-aliran-silat-yang-membawa-iko-uwais-terkenal-ke-mancanegara-VVJfVSFFiF.jpg Iko Uwais (Foto: Okezone)

KESENIAN Jakarta bukan hanya terdiri dari pertunjukan tarian atau teater. Namun ada pula seni bela diri yaitu silat Betawi. Terdapat beberapa aliran dalam bela diri tersebut salah satunya adalah Tiga Berantai.

Aliran ini terdiri dari tiga besar ilmu silat Si Macan, Si Tembak, dan Si Karet. Tiga Berantai merupakan silat yang wariskan oleh turun temurun. Salah seorang pewarisnya yaitu H. Achmad Bunawar mendirikan perguruan silat pada 1974.

Merangkum berbagai sumber, Minggu (24/6/2018) aliran Si Macan merupakan ilmu silat yang dimiliki dan diwariskan oleh Pangeran Jayakarta. Ciri dari silat ini adalah serangan cakar jari tangan dengan landasan tenaga dalam yang kuat. Fungsi dari cakar adalah menyerang titik lemah musuh seperti mata dan tenggorokan saat terjadinya pertarungan.

Kemudian aliran Si Tembak adalah ilmu silat yang diwariskan oleh Pangeran Sugiri yang masih memiliki hubungan dengan Pangeran Jayakarta. Berbeda dengan Si Macan, ciri khas silat ini adalah pukulan dengan telapak kedua belah tangan saat berada dalam posisi tubuh tegap dan kuda-kuda yang kuat. Pukulan telapak tangan dialiri tenaga dalam yang kuat serta dilakukan secara cepat dan berkali-kali. Saat terjadi pukulan, akan timbul bunyi dari lengan yang beradu.

Terakhir, aliran Si Karet yang merupakan gabungan dari berbagai aliran, antara lain aliran Kebon Manggis dari H Solihin, Cikaret dari Jawa Barat, aliran Mak Inem Pengasinan dari Karawang, dan Serak dari Pak Muhin. Karakter gerakan dari aliran ini adalah cepat, keras, serta variasi serangan dan gerak yang beragam

Aliran seni Tiga Berantai ditekuni oleh aktor Iko Uwais. Bahkan berkat ilmu bela diri itu dirinya memiliki kesempatan untuk bermain di film-film Hollywood. Hal itu tentu membuat nama suami Audy Item itu terkenal hingga ke mancanegara.

Iko mulai belajar silat pada 1999 karena kakeknya merupakan pelatih di perguruan Tiga Berantai. Maka tak heran bila dirinya menyebut ilmu bela diri yang dimilikinya adalah warisan. Selama kurang lebih 20 tahun mempelajari silat, pria kelahiran Jakarta, 12 Februari 1983 itu telah berhasil meraih sejumlah penghargaan sebagai atlet silat.

Dirinya pernah keluar menjadi Juara III Kejuaraan Silat Daerah Antar Perguruan DKI Jakarta 2003 dan Penampilan Terbaik Kategori Dewasa Tunggal pada Festival Pencak Silat Cibubur 2005. Iko bahkan berkesempatan menjadi wakil Indonesia untuk bertarung dalam beberapa kompetisi silat internasional di Rusia, Laos, Perancis, dan Inggris.

 

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini