nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Mempelajari Budaya Betawi? Sambangi Saja ke 4 Perkampungan Ini

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 24 Juni 2018 10:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 24 406 1913303 ingin-mempelajari-budaya-betawi-sambangi-saja-ke-4-perkampungan-ini-M9VqZ7mEav.jpg Kampung Condet Jakarta Timur (Foto: Okezone)

SELALU ada yang istimewa setiap kali membicarakan tentang Jakarta. Salah satunya adalah kesenian Betawi yang begitu kaya. Mulai dari ondel-ondel, tanjidor, lenong, pencak silat, dan masih banyak lagi.

Jangan menyebut diri Anda warga ibu kota bila belum mengetahui semua kesenian tersebut. Tapi tidak ada salahnya untuk mulai belajar mengenai kesenian Betawi. Sebagai pilihan, Anda bisa mendatangi perkampungan Betawi.

Merangkum berbagai sumber, Minggu (24/6/2018), inilah perkampungan budaya Betawi yang ada di Jakarta :

1. Kampung Condet, Jakarta Timur

Pernahkah Anda mendengar tentang Festival Budaya Condet? Acara itu memang rutin digelar oleh masyarakat Betawi yang ada di sana. Setiap tahunnya festival selalu ramai dikunjungi oleh mereka yang ingin mengenal Betawi lebih dalam. Ada banyak hal yang ditampilkan seperti kuliner, budaya, dan kehidupan masyarakat. Condet memiliki ciri khas kuliner yaitu dodol, dukuh, dan salak. Di luar acara festival, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke sana karena terdapat kurang lebih 20 situs sejarah Betawi di Kampung Condet, Jakata Timur.

2. Kampung Setu Babakan, Jakarta Selatan

Perkampungan budaya Betawi lain yang terkenal di masyarakat adalah Setu Babakan. Terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, perkampungan ini memiliki luas 32 hektar. Di dalamnya terdapat Museum Betawi, danau, serta warung yang menjual aneka makanan dan minuman khas Betawi. Pengunjung bisa melihat pameran lukisan, benda-benda antik, dan hasil produk budaya Betawi. Ada pula benda-benda antik seperti senjata pusaka, alat musik klasik, batik, hingga sepeda ontel. Bagi yang gemar menonton pertunjukan, bisa menyaksikan tari jaipong, lenong, dan ondel-ondel di Setu Babakan. Di sekitar danau pengunjung dapat menemui penjual kuliner khas Betawi seperti arum manis, kerak telor, toge goreng, nasi uduk, nasi ulam, dodol, rujak bebek, bir pletok, es potong, dan es durian. Terdapat pula perahu bebek-bebekan yang menjadi favorit.

3. Kampung Rawa Belong, Jakarta Barat

Berada di kawasan Kebon Jeruk, perkampungan Betawi ini terkenal dengan silat dan budidaya tanaman hiasnya. Kampung Rawa Belong merupakan perkampungan tertua di Jakarta yang masih bertahan dan melestarikan budaya Betawi. Ada dua jagoan yang terkenal dari kampung ini yaitu Si Pitung dan Mat Item. Selain dapat melihat dan mempelajari tradisi budaya Betawi, pengunjung juga bisa membeli bunga-bunga indah yang dijual.

4. Kampung Marunda, Jakarta Utara

Perkampungan yang satu ini mulai dikembangkan sebagai pusat pelestarian budaya Betawi. Alasannya karena Kampung Marunda merupakan pusat Betawi pesisir yang hingga kini masih ditinggali oleh penduduk asli. Selain itu, di sana terdapat Rumah Si Pitung yang memiliki arsitektur kuno dan menjadi cagar budaya Betawi. Di sana pengunjung dapat menyaksikan pertunjukkan palang pintu, gambang kromong, dan silat Betawi.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini