nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Serangan Jerawat di Bokong? Ini 5 Cara Mengatasinya

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 25 Juni 2018 02:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 24 481 1913433 serangan-jerawat-di-bokong-ini-5-cara-mengatasinya-hnatPOqWaB.jpg Ilustrasi. (Foto: Strechmark)

JERAWAT jadi salah satu permasalahan kulit yang paling familiar dialami oleh banyak orang, baik itu pria ataupun wanita. Kehadiran jerawat, selain mengganggu juga sekaligus mengurangi tingkat kepercayaan diri.

Di manapun letaknya, entah itu wajah, di kulit kepala, ataupun di bagian-bagian tubuh yang agak tersembunyi, misalnya di bagian bokong. Patut diketahui, jerawat yang hadir di area bokong itu ternyata bukanlah jerawat tipe biasa, melainkan sebuah peradangan.

Shereene Idriss, M.D., sebagai dokter kulit kosmetik dari New York, menyebut jerawat di bokong adalah peradangan pada folikel rambut yang disebabkan oleh gesekan.

"Misalnya karena memakai kostum olahraga terlalu lama (membuat minyak, bakteri dan keringat jadi menyebabkan noda), atau bisa juga karena memakai celana, rok, atau pilihan busana lain yang sifatnya ketat dan membuat area bokong alias pantat dari tergosok dengan cara yang salah hingga akhirnya memicu peradangan,” ungkap Shereene.

Baca Juga:  7 Alasan Anda Harus Berkencan dengan Gadis Pendek, Salah Satunya Mudah Kala Bermain Seks

Nah, jika kini sedang mengalami bintik-bintik meradang tampak seperti jerawat di area bokong, apa yang harus dilakukan? Tenang, melansir Cosmopolitan, berikut ulasan perihal hal-hal yang bisa dilakukan di rumah jika mengalami bintik-bintik meradang bak jerawat di bokong.

1. Hindari memakai busana olahraga terlalu lama

Begitu sampai di rumah, segera lepaskan kostum olahraga dan segeralah mandi. Makin cepat tubuh dibersihkan, maka kesempatan bakteri berkembang di tubuh akan semakin kecil. Jika tergesek celana, berdiam diri sebentar sampai kondisi tenang kembali tenang.

2. Pakai sabun medis atau sabun berformula melawan jerawat

Shereene merekomendasikan ketika mandi, maka gunakanlah sabun mandi yang punya kandungan persentase tinggi benzoyl peroxide untuk membunuh bakteri di kulit.

3. Jangan dipegang dan dipencet

Jangan memperburuk keadaan dengan kebiasaan memegang atau memencet jerawat. Alih-alih terus-terusan dipegang atau dipencet, direkomendasikan untuk menggosokkan area bokong yang terdapat jerawat dengan asam glikolat atau salisilat sampai jerawat-jerawat tersebut mulai sembuh.

Baca Juga: 5 Pemain Sepakbola yang Punya Tampang dan Body Keren, Jangan Minder Ya Guys

4. Balurkan lotion

Haluskan kulit yang mengelupas di area bokong dengan rajin membalurkan lotion yang melembapkan. Pilih lotion yang mengandung urea yang membantu menjaga sel-sel kulit mati dari mengumpulkan dan menyumbat pori-pori kulit.

5. Pilih produk treatment

Untuk penanganan cepat di rumah, bisa juga dipakai produk seperti krim berbasis sulfur, yang disebutkan dapat dengan mudah membantu menghilangkan noda besar berkat adanya kemampuan sulfur untuk mengeringkan jerawat dengan cepat.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini