Share

Pakai Tiket Kereta Bekas, Pria Ini Buat Lukisan Wajah Artis Terkenal

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 25 Juni 2018 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 25 196 1913619 pakai-tiket-kereta-bekas-pria-ini-buat-lukisan-wajah-artis-terkenal-CmroL9FgkF.jpg Ed Chapman. (Foto: SWNS)

KARYA seni jadi buah pemikiran dan kreativitas manusia yang selalu bikin takjub penikmatnya. Termasuk lukisan yang jadi salah satu hasil karya yang memiliki banyak metode, media, dan aliran.

Seorang seniman dari Inggris bahkan menemukan cara luar biasa unik, yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan oleh sebagian besar masyarakat. Bagaimana tidak, Ed Chapman, seperti yang diwartakan Mirror, Senin (25/4/2018), menghabiskan waktu 280 jamnya memajang foto-foto dari tokoh terkenal yang terbuat dari potongan tiket kereta tua.

Seniman berusia 47 tahun tersebut menciptakan tokoh-tokoh, seperti East Midlanders termasuk Sir David Attenborough, mantan Doctor Who Matt Smith dan komik Alan Carr menggunakan lebih dari 3.000 tiket kereta yang dia kumpulkan. Sepuluh keping potongan tiket kereta memakan waktu sekira 280 jam untuk dirangkai, susun, dan satukan.

Baca Juga: 5 Pemain Sepakbola yang Punya Tampang dan Body Keren, Jangan Minder Ya Guys

Dia juga membuat tokoh terkenal lainnya, seperti perancang busana Dame Vivienne Westwood, komedian Jennifer Saunders, dan mendiang Sir John Hurt CBE, ada pula bintang The Elephant Man. Chapman menciptakan karya-karya yang bisa membuat masyarakat melongo ini sebelum East Midland Trains membuat sistem tiket lewat seluler, karena menghemat kertas.

β€œItu adalah momen yang sangat nyata, melihat semua wajah terkenal ini hidup di depan saya, yang awalnya hanya tumpukan tiket kertas yang dibuang. Pewarna pada tiket kereta unik dan berbeda. Begitu saya mulai bermain dengan potongan tiket itu, warna-warnanya mampu disulap jadi mozaik yang sempurna,” ucap Ed Chapman.

Baca Juga: Suporter-Suporter Cantik yang Berhasil Mencuri Perhatian di Piala Dunia 2018

Karya lukisan tokoh terkenal oleh Ed Chapman ini tidak hanya menggambarkan wajah tokoh saja, tapi dia juga menuturkan setiap tiket memiliki ceritanya sendiri, karena setiap perjalanan di seluruh wilayah membawanya dari stasiun ke stasiun. Ed Chapman berharap semoga karya-karyanya ini mampu menginspirasi orang lain untuk mengurangi penggunaan tiket kertas mereka atau bahkan bisa juga membuat karya seni sendiri.

β€œApa yang Ed Chapman lakukan dengan beberapa ribu tiket kertas tua dan tidak terpakai sangat luar biasa,” ujar Jake Kelly, Managing Director, East Midlands Trains.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini