nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Legitnya Serabi Khas Bojonegoro, Dijamin Bikin Lidah Bergoyang

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 25 Juni 2018 07:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 25 298 1913526 legitnya-serabi-khas-bojonegoro-dijamin-bikin-lidah-bergoyang-OD5nrmVEp0.jpg Ilustrasi (Foto: Marijalan)

BOJONEGORO – Berlibur ke Jawa Timur, tak ada salahnya mencoba kuliner khas satu ini, serabi Bojonegoro. Mungkin bagi sebagian anda serabi bukanlah hal yang asing, namun kuliner serabi Bojonegoro sedikit agak beda.

Meski berbahan baku sama yakni tepung beras, namun citra rasa serabi Bojonegoro cenderung lebih gurih dan legit di lidah. Penikmat kuliner dapat mencicipi serabi Bojonegoro dengan campuran dua adonan, yakni santan kelapa dan kelapa parutan.

Nah bagi anda yang ingin menikmati serabi ini tak perlu khawatir. Sejumlah pedagang serabi setiap paginya dapat ditemui di Alun - Alun Kota Bojonegoro yang terletak di pusat Bojonegoro.

Salah seorang pedagang serabi Bojonegoro di Alun - Alun Bojonegoro, Yanti mengatakan serabi menjadi makanan yang dicari masyarakat saat sarapan. "Ya biasanya yang berasal dari Bojonegoro pasti tahu," ujar Yanti.

(Baca Juga: 5 Pemain Sepakbola yang Punya Tampang dan Body Keren, Jangan Minder Ya Guys)

Di sini pembeli dapat langsung melihat proses pembuatan serabi dari tungku pedagang yang menggunakan bahan baku kayu bakar dengan cara dibakar.

Aromanya yang sedap, dengan bahan baku alami ini yang membuat anda penikmat kuliner tak sabar memakannya. Terlebih bila serabi ini disantap dalam keadaan hangat.

Menurut Yanti, dalam pembuatan adonan serabi hanya diperlukan tepung beras. Oleh karena itu, kebutuhan tepung beras di setiap musim libur seperti lebaran kemarin jumlahnya meningkat tajam.

Ia menambahkan di hari - hari biasa kebutuhan tepung beras hanya mencapai 3 - 4 kg untuk 30 - 40 porsi serabi. Sedangkan untuk hari Minggu biasa di luar libur panjang, Yanti membutuhkan setidaknya 5 kg tepung terigu.

"Ya tapi jika dibandingkan dengan lebaran tahun lalu memang agak turun. Tahun lalu kebutuhan tepung beras mencapai 15 kg setiap harinya," ungkap perempuan lima anak ini.

Nah untuk harganya, tak perlu khawatir akan menguras kantong anda, setiap porsinya terdapat dua lembar serabi dijual dengan harga Rp 4.000.

(Baca Juga: Suporter-Suporter Cantik yang Berhasil Mencuri Perhatian di Piala Dunia 2018)

Oh ya.. Bagi kalian yang ingin menikmati serabi alangkah baiknya disantap dengan hidangan minuman hangat seperti teh maupun kopi di pagi atau sore hari sebagai teman santai anda.

"Kalau serabi biasanya manis ini rasanya gurih. Kalau pulang ke Bojonegoro kami dan keluarga menyempatkan sarapan ini di pagi hari," jelas Imam, wisatawan asal Jakarta.

Satu lagi serabi yang dikemas dalam daun pisang membuat citra rasa dan aroma khas tak hilang. So, bila anda sedang berada di Bojonegoro tak ada salahnya untuk mencoba kuliner serabi gurih khas kabupaten ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini