nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah Digunakan Sejak Jaman Mesir Kuno, Ini 5 Manfaat Bawang Merah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 25 Juni 2018 10:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 25 481 1913546 sudah-digunakan-sejak-jaman-mesir-kuno-ini-5-manfaat-bawang-merah-otpsHZhKbw.jpg Ilustrasi Bawang Merah. (Foto: Shutterstock)

BAWANG merupakan salah satu bahan makanan yang paling penting dalam suatu masakan. Rasanya yang khas, membuat sayuran ini kerap digunakan sebagai bumbu pelezat.

Di sisi lain, semua varian bawang mulai dari bawang putih, merah, dan bawang bombai ternyata memiliki beberapa manfaat kesehatan yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

Bahkan sejak zaman Mesir kuno, bawang telah digunakan untuk membuat obat-obatan dan juga diklaim melambangkan keabadian. Daripada penasaran, yuk simak 5 manfaat mengonsumsi bawang merah secara rutin, seperti dilansir dari Food & Wine, Senin (25/6/2018).

Baca Juga: Gaya Selfie Seseorang Bisa Tunjukkan Kepribadian Loh! Anda yang Mana?

Kaya antioksidan

Meski kandungan vitamin dan mineral bawang tidak banyak seperti bahan makanan lainnya, satu siung bawang berukuran sedang ternyata mengandung sekitar 44 kalori, dan menyediakan 20% vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tidak hanya itu, bawang merah juga mengandung vitamin B6, folat, kalium, dan mangan. Namun salah satu keistimewaan bahan makanan ini adalah kandungan antioksidan dan senyawa anti inflmasi yang cukup banyak.

Mencegah kanker

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti melihat seberapa sering orang Italia dan Swiss memakan bawang dan sayuran allium lainnya seperti bawang putih.

Mereka menemukan bahwa ada hubungan erat antara frekuensi mengonsumsi sayuran allium dengan penurunan risiko kanker. Dalam arti lain, semakin banyak seseorang mengonsumsi bawang merah dan bawang putih, semakin rendah pula kemungkinan mereka terkena kanker.

Baca Juga: Gemasnya Video Bocah Gemuk Jilati Poster Ayam Goreng, Ditonton Sampai 11 Juta Kali

Image result for bawang merah shutterstock, okezone

Meningkatkan kepadatan tulang

Salah satu studi yang mengamati perimenopausal dan postmenopausal pada wanita kaukasia berusia 50 tahun ke atas, menemukan hubungan antara konsumsi bawang dan kesehatan tulang.

Wanita yang mengonsumsi bawang merah secara rutin memiliki kepadatan tulang yang lebih baik, serta memiliki risiko patah tulang pinggul yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak pernah mengonsumsi sayuran tersebut.

Melancarkan pencernaan

Bawang merah juga dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan karena mengandung inulin yaitu, sejenis serat yang berfungsi sebagai prebiotik. Singkatnya, prebiotik ini merupakan makanan probiotik yang dapat membantu bakteri baik berkembang. Inulin juga dapat mencegah sembelit, memperbaiki kadar gula darah, meningkatkan penyerapan nutrisi, hingga membatasi nafsu makan.

Menurunkan kolesterol

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi bawang merah secara rutin selama kurang lebih delapan minggu, mengalami penurunan kadar kolesterol termasuk kolesterol ‘jahat’ atau LDL.

Tidak hanya itu, wanita yang yang mengonsumsi jus bawang setiap hari juga diketahui mengalami penurunan kadar kolesterol total dibandingkan mereka yang meminum obat-obatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini