nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Satu Sendok Minyak Zaitun Bisa Perpanjang Usia, Ini Kata Ahlinya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 25 Juni 2018 10:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 25 481 1913551 satu-sendok-minyak-zaitun-bisa-perpanjang-usia-ini-kata-ahlinya-hzkYUQLzJF.jpg Ilustrasi Minyak Zaitun. (ZMC)

GAYA hidup sehat yang belakangan diterapkan membuat masyarakat beralih menggunakan minyak zaitun ketimbang minyak curah. Minyak yang satu ini dianggap lebih sehat karena lemak jahat yang dikandungnya sangat minim, selain itu kandungan gizinya sangat dibutuhkan tubuh.

Namun, penelitian baru-baru ini menjelaskan bahwa minyak zaitun juga dianggap mampu memperpanjang usia hidup seseorang. Seperti dilansir dari Daily Mail, Senin (25/6/2018), Ahli Diet Juliette Kellow mengklaim bahwa minyak ini bisa menambah usia hidup Anda. Hasil penelitiannya pun kini sudah dibukukan dengan judul "Eat Better, Live Longer".

Juliette mengatakan bahan memasak menggunakan minyak ini membantu mencegah dan memperlambat pertumbuhan kanker dan mengurangi risiko serangan jantung, serta stroke. Minyak ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, tekanan darah, dan penyakit yang berkaitan dengan usia. Selain itu, meningkatkan fungsi kognitif juga.

Baca Juga: Gaya Selfie Seseorang Bisa Tunjukkan Kepribadian Loh! Anda yang Mana?

Klaim Juliette ini menambah bukti ilmiah bertahun-tahun yang menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat membantu orang menghindari penyakit mematikan.

Menurut Brewer dan Kellow, secara spesifik minyak zaitun mengandung kalori tinggi mencapai 100 per sendok makan. Dengan jumlah yang terbilang tinggi, Anda juga disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang sedang. Nah, Juliette menyarankan satu sendok makan sehari sudah cukup.

Beberapa faktor penentu kenaikan angka harapan hidup seseorang, dapat dilihat dari manfaat lain dari pemanfaatan minyak zaitun ini. Minyak zaitun mengandung banyak vitamin E yang memelihara kulit dan mata sehat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Lalu, minyak zaitun juga dianggap mampu menemakn pertumbuhan sel kanker. Serangan jantung pun bisa diminimalisir.

Baca Juga: Gemasnya Video Bocah Gemuk Jilati Poster Ayam Goreng, Ditonton Sampai 11 Juta Kali

Di lain sisi, sebuah kajian studi menemukan orang dengan asupan minyak zaitun lebih tinggi, memiliki kesempatan 34 persen lebih kecil untuk terkena kanker jenis apapun, dibandingkan mereka dengan asupan minyak zaitun yang rendah.

Menurut Dr Brewer dan Ms Kellow, kanker yang paling bisa diredam adalah kanker payudara. Namun, yang harus diperhatikan adalah jumlah asupannya.

Anda tidak perlu menggunakannya secara berlebihan. Satu sendok setiap hari saja sudah cukup melindungi tubuh Anda dari faktor risiko masalah kesehatan mematikan. Hidup sehat itu mudah!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini