nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat Kalau Rutin Minum Rebusan Kayu Manis dan Madu

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 25 Juni 2018 17:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 25 481 1913739 8-manfaat-yang-bisa-kamu-dapat-kalau-rutin-minum-rebusan-kayu-manis-dan-madu-Gb8fenPkUA.jpg Madu dan Kayumanis (Foto: Livestrong)

MENURUT ilmu kesehatan di India, yang lazim disebut ayurveda, campuran antara madu dengan kayu manis dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ramuan tersebut efektif untuk menurunkan berat badan, mengatasi jerawat, infeksi kandung kemih, menguatkan sistem imun (kekebalan tubuh), gangguang pencernaan, hingga bau mulut.

Madu sangat mudah didapatkan karena diproduksi hampir di seluruh dunia dan sudah digunakan sebagai pengobatan selama berabad-abad. Makanan yang dihasilkan dari lebah itu dianjurkan oleh para ilmuwan untuk digunakan sebagai pengobatan karena tidak memiliki efek samping.

Meski manis, jika diminum dengan dosis yang tepat sebagai obat, madu tidak berbahaya bagi penderita diabetes. Berikut adalah beberapa kegunaan dari manfaat minum campuran air kayu manis dan madu, dinukil dari Cure Joy, Senin (25/6/2018).

Baca Juga: Suka Pakai Bedak Tabur? Hati-Hati, Bisa Kena Kanker Loh!

Jerawat

Ambil 3 sdm madu dan 1 sdt kayu manis lalu campurkan hingga membentuk adonan pasta yang tebal. Oleskan pasta tersebut pada jerawat sebelum tidur dan cuci di pagi hari dengan air hangat. Gunakan secara teratur setiap hari selama dua minggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Menurunkan berat badan

Jika ingin merasakan manfaat dari ramuan kayu manis dan madu, Anda perlu meminumnya selama 30 menit sebelum sarapan di pagi hari dan sebelum tidur dalam keadaan perut kosong. Caranya cukup dengan merebus secangkir air yang dicampur bubuk kayu manis dan madu. Meminum ramuan tersebut secara reguler dapat menghentikan akumulasi lemak di tubuh sehingga berat badan menurun.

Radang sendi

Para peneliti di Copenhagen University, Denmark, mengungkap fakta bahwa dokter sering merawat pasien yang mengeluhkan radang sendi dengan campuran 1 sdm madu dan ½ sdt bubuk kayu manis sebelum sarapan. Dalam sepekan, dari 200 orang pasien, sedikitnya 73 orang mengaku sudah terbebas dari rasa sakit akibat radang sendi. Dalam waktu sebulan hampir semua pasien dapat berjalan atau bergerak normal.

Mencegah rambut rontok

Untuk merasakan manfaatnya secara maksimal, buat adonan pasta tebal dari campuran minyak zaitun, 1 sdm madu, dan 1 sdt bubuk kayu manis. Oleskan campuran tersebut sebelum mandi dan diamkan selama 15 menit. Jangan lupa membilas rambut dengan air bersih.

Menurunkan kolesterol

Baik kayu manis dan madu sama-sama diklaim mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Sejumlah studi menunjukkan konsumsi madu dapat mengatur kadar gula penderita diabetes yang memiliki kolesterol tinggi.

Caranya juga cukup mudah. Campurkan 2 sdm madu dan 3 sdt bubuk kayu manis ke dalam 16 ons air teh. Ramuan tersebut diklaim dapat menurunkan 10% kolesterol dalam jangka waktu 2 jam setelah diminum. Untuk penderita radang sendi dengan kolesterol yang kronis, disarankan minum ramuan tersebut tiga kali sehari.

Demam yang disertai batuk-batuk


Jika sedang mengalami demam yang disertai batuk-batuk, Anda bisa mengambil 1 sdm madu hangat yang dicampur dengan ¼ sdt bubuk kayu manis. Minum ramuan tersebut secara reguler selama tiga hari berturutan. Ramuan tersebut diklaim dapat menyembuhkan batuk serta demam yang kronis dan sinus.

Sifat antibakteri, antivirus, dan anti-mikroba, dalam madu sangat membantu menyembuhkan demam serta batuk-batuk. Sementara kayu manis memiliki kandungan anti-inflamasi, antibakteri, dan antioksidan.

Mengatasi ketidaksuburan

Sejak zaman purbakala, madu dikenal dapat memperkuat kandungan air mani. Meminum 2 sdm madu sebelum tidur juga dapat mengatasi masalah impotensi pada pria.

Sementara bagi wanita, terutama di China dan Jepang, wanita yang sulit hamil biasanya mengonsumsi kayu manis untuk memperkuat rahim. Campurkan sejumput bubuk kayu manis dan ½ sdt madu lalu oleskan di gusi secara berkala selama satu hari. Cara tersebut diyakini dapat membuat ramuan bercampur dengan air ludah hingga dapat masuk ke tubuh dengan baik.

Baca Juga: Sudah Digunakan Sejak Jaman Mesir Kuno, Ini 5 Manfaat Bawang Merah

Penyakit jantung

Buat adonan pasta dari madu dan bubuk kayu manis, dan oleskan ke roti untuk dikonsumsi setiap hari. Cara ini dapat membantu Anda mengurangi kolesterol di pembuluh darah sehingga terhindar dari serangan jantung.

Anda juga bisa minum teh yang terbuat dari bubuk kayu manis yang dicampur dengan 1 sdt madu setiap hari, 30 menit sebelum sarapan. Cara tersebut ampuh untuk mengurangi kolesterol hingga mencegah penyakit jantung.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini