nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Paling Gampang Memotret Orang yang Tampil di Atas Panggung

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 26 Juni 2018 19:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 26 406 1914217 cara-paling-gampang-memotret-orang-yang-tampil-di-atas-panggung-UseMzQHALe.jpg Ilustrasi (Foto: Volution)

MENDOKUMENTASIKAN acara dalam bentuk jepretan foto sudah menjadi hal yang umum bagi kita semua, baik itu acara kantor maupun acara per temuan informal hingga acara keluarga.

Di dalam setiap acara, umumnya terdapat agenda sambutan atau pidato dari panitia atau pihak-pihak berkepentingan yang tentunya perlu kita dokumentasikan juga.

Saat memotret orang yang sedang berpidato atau menyampaikan sambutan, kita kerap tidak benar-benar memperhatikan detail mimik wajah orang tersebut sehingga tidak jarang kita melihat foto-foto orang yang sedang berpidato dengan mimik wajah yang aneh dan kurang indah untuk dilihat.

 Baca Juga: Waspada! 7 Makanan Sehari-hari Ini Ternyata Mengandung Racun Mematikan

Untuk mengambil foto orang yang sedang berpidato atau memberikan sambutan, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar hasil foto jepretan kita menampilkan mimik wajah yang tetap menarik, meskipun orang tersebut sedang berpidato.

Jika orang tersebut berpidato di atas panggung dengan judul acara di latar belakangnya, pastikan kita mengambil foto sudut lebar yang menyertakan judul acara di latar belakang serta foto close up dari orang yang berpidato tersebut.

Gunakan kamera digital dengan lensa zoom optik yang mumpuni dan dilengkapi kemampuan pengambilan gambar yang minim noise dalam pencahayaan minim seperti kamera digital Canon seri G atau seri EOS karena umumnya kita memotret dari kejauhan dan subjek foto kita tidak terjangkau lampu flash.

 

Gunakan mode pengukuran cahaya spot metering atau partial metering dan kunci pengukuran pada wajah subjek orang yang kita bidik agar tidak terganggu oleh ragam pencahayaan di sekeliling subjek. Jepret dengan mode pemotretan kontinu/continuous shooting agar kita bisa memilih ekspresi yang paling pas dari rentetan jepretan kita.

Komposisi rule of third dapat diaplikasikan di sini dengan menempatkan ruang 2/3 di depan hadapan subjek orang yang sedang berpidato. Carilah waktu yang tepat untuk menjepret, jangan menjepret saat orang tersebut sedang berbicara karena akan sulit mendapatkan mimik wajah yang menarik.

 Baca Juga: 6 Kue Termahal di Dunia, Harganya Bikin Anda Melongo!

Jepretlah saat orang yang berpidato tersebut menyelesaikan kalimatnya sebelum memulai kalimat selanjutnya, atau saat penonton bertepuk tangan dan subjek kita berhenti berbicara sejenak. Selamat memotret!

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini