Ingin Tidur Tapi Hawanya Panas? Coba Cara Ini Biar Nyenyak!

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 26 Juni 2018 21:34 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 26 481 1914277 ingin-tidur-tapi-hawanya-panas-coba-cara-ini-biar-nyenyak-6ZVaBDxOFS.jpg Persiapan Tidur (Daily Meal)

KURANG tidur sering dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan diabetes. Maka dari itu, banyak ahli yang menyarankan agar seseorang mendapatkan waktu tidur paling tidak 8 jam setiap harinya. Akan tetapi, bukan hanya sekadar mendapatkan waktu yang cukup, tidur juga harus berkualitas.

Namun banyak hal yang bisa merusak kualitas tidur seseorang. Salah satunya adalah hawa panas di kamar tidur. Terkadang orang mengalami kesulitan untuk memejamkan mata karena tubuh terus berkeringat atau bisa juga karena tempat tidur yang terasa panas.

 Baca juga: Berhati Mulia, Kisah Gadis Remaja Tolong Penyandang Disabilitas Ini Jadi Viral

Tidur

Kondisi tersebut juga bisa membuat seseorang terbangun di tengah tidurnya. Tentu hal itu membuatnya tidak mendapatkan tidur yang berkualitas. Beruntung perubahan kecil dapat membantu mengatasi masalah ini. Melansir Express, Selasa (26/6/2018), inilah beberapa tips untuk membuat tidur terasa lebih nyaman meskipun berada dalam hawa panas:

Memberikan tekanan dingin

Cara pertama untuk membuat tubuh bisa lebih nyaman berada di tempat berhawa panas adalah menekan titik-titik tertentu dengan benda dingin seperti es batu. Tekanan bisa dilakukan dengan cara membungkus es batu dengan kantung plastik atau kain. Kemudian letakkan di pergelangan tangan dan leher untuk beberapa saat. Cara ini me itik-titik nadi di tubuh Anda dapat mendinginkan Anda secara efektif," katanya.

 Baca juga: Sisa Potongan Kue Royal Wedding Putri Diana hingga Pangeran Harry Dilelang dengan Harga Fantastis!

Mencelupkan kaki ke air dingin

Selanjutnya, cara lain yang bisa dilakukan bila mengalami kesulitan tidur karena hawa panas adalah mencelupkan kaki ke air dingin. Caranya letakkan seember air dingin di samping tempat tidur kemudian celupkan kaki dan rasakan sensasi dingin meresap selama beberapa saat. Bila di antara Anda ada yang kuat menahan dingin, kaki juga bisa dicelupkan selama mata terpejam.

 Tidur (Shutterstock)

Meletakkan seprai di lemari es

Cara ini mungkin terdengar sedikit ekstrem. Tapi percayalah, meletakkan seprai di lemari es termasuk freezer selama 10 menit merupakan langkah yang efektif untuk mengatasi hawa panas. Masukkan seprai ke kantung plastik sebelum meletakkannya di freezer. Sarung bantal juga bisa ikut serta di masukkan bila Anda merasa seprai saja tidak cukup.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini