nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tenggorokan Terasa Kering Tapi Bukan Haus? Ini 5 Kemungkinan Penyebabnya

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 26 Juni 2018 19:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 26 481 1914315 tenggorokan-terasa-kering-tapi-bukan-haus-ini-5-kemungkinan-penyebabnya-rwvozgelAt.jpg Ilustrasi (Foto: Netdoctor)

SAAT beraktivitas sehari-hari, terkadang kita mengalami kondisi di mana kita merasa tenggorokan kering padahal tidak haus.

Kondisi tenggorokan kering dapat menyebabkan iritasi dan terkadang juga jadi timbul rasa sakit, walau memang tenggorokan kering bukanlah gejala serius ataupun berat.

Walau bukan kondisi serius, akan tetapi tenggorokan yang kering pada dasarnya tidak boleh dianggap enteng. Lalu jika bukan karena haus, sebenarnya apa saja sih penyebab yang bisa membuat tenggorokan terasa kering? Agar lebih paham, ini dia ulasan singkatnya dilansir dari Boldsky, Selasa (26/6/2018):

1. Tidur dengan mulut terbuka

Ini disebutkan jadi salah satu alasan yang paling diabaikan tetapi paling umum terjadi sebagai penyebab tenggorokan kering. Kita tanpa sadar terkadang sering tidur dengan mulut terbuka, yang akhirnya menyebabkan tenggorokan kering. Jika tidur dengan mulut terbuka, saat bangun tidur mungkin tenggorokan terasa kering, hal ini karena selama semalaman udara di luar telah mengeringkan ludah di mulut.

 (Baca Juga:Enggan Lakukan Skrining, Stroke Rentan Terjadi pada Anak Muda)

2. Flu

Alasan kedua ialah sedang menderita flu. Flu sendiri diketahui sebagai salah satu penyakit pernapasan. Saat terkena flu, maka jangan kaget jika flu yang hadir biasanya satu paket dengan keringnya tenggorokan karena memang tenggorokan kering bisa menjadi salah satu gejala virus flu.

 

3. Mononukleosis

Tidak banyak orang yang menyadari penyakit ini. Mononukleosis juga sering disebut sebagai mono. Mono adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, yang mana penyakit ini ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui air liur. Tenggorokan kering adalah salah satu gejala paling umum dari penyakit mononukleosis ini.

 (Baca Juga:Antara Kanker dengan Stroke, Testosteron Tinggi atau Rendah Mana yang Lebih Baik?)

4. Alergi

Hal-hal yang paling alami di sekitar kita bisa menjadi penyebab kita terkena alergi. Contohnya bisa seperti alergi musiman atau hay fever (gejala tidak nyaman saat tubuh terkena alergen tertentu). Nah, adanya alergi ini yang juga bisa menjadi penyebab kenapa tenggorokan terasa kering, sakit atau gatal. Hal ini disebabkan oleh reaksi berlebihan oleh sistem kekebalan tubuh terhadap zat-zat yang biasanya tidak berbahaya di sekitar, contohnya seperti rumput, serbuk sari atau hal-hal serupa lainnya.

5. Dehidrasi

Tidak bisa disangkal, kondisi tubuh kekurangan cairan alias dehidrasi dikatakan sebagai salah satu alasan paling umum terjadinya tenggorokan kering serta timbul rasa sakit. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, ini artinya tubuh tidak memproduksi jumlah normal saliva secara teratur seperti biasanya. Jadi, inilah yang mungkin menyebabkan keringnya tenggorokan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini