nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Panik, Kenali Mitos dan Fakta Terkait Kesuburan Pria

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 27 Juni 2018 01:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 26 481 1914344 jangan-panik-kenali-mitos-dan-fakta-terkait-kesuburan-pria-xFgAaKxLic.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BANYAK mitos dan fakta yang berkembang di masyarakat mengenai kesuburan pada pria. Melansir US News, Rabu (27/6/2018), kali ini Okezone akan mengungkapkan hal yang sebenarnya. Simak ulasannya berikut ini:

Mitos : Berhubungan seks setiap hari meningkatkan peluang wanita untuk hamil.

Beberapa pria dan wanita percaya bahwa hubungan seksual setiap hari dapat meningkatkan kemungkinan pembuahan yang dapat berkembang menjadi janin. Padahal sperma seorang pria dapat hidup 48-72 jam di saluran reproduksi wanita. Hal itu membuat hubungan seksual tidak perlu dilakukan setiap hari karena 2 hari sekali pun juga sudah cukup. Untuk meningkatkan peluang kehamilan, lakukanlah hubungan seksual di masa subur kira-kira seminggu setelah wanita mengalami menstruasi.

Mitos : Jika ejakulasi terlihat normal, maka tidak ada masalah dengan sperma.

Sperma bersifat mikroskopis dan sebagian besar cairan ejakulasi yang keluar bukanlah sperma. Dengan begitu, bukan berarti saat pria berhasil mengeluarkan air mani maka spermanya tidak bermasalah untuk kesuburan. Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti sperma subur adalah analisis sperma oleh ahlinya.

  (Baca Juga:4 Cara Bikin Posisi Cowgirl Jadi Lebih Nikmat)

Mitos: Mengambil testosteron tambahan dapat meningkatkan kesuburan.

Tak sedikit pria yang mengonsumsi obat yang diklaim sebagai penambah kesuburan seperti testosterone. Tapi tahukah Anda bila sebenarnya obat tersebut malah bisa mengurangi kesuburan pria? Obat testosteron hanya dapat meningkatkan gairah dan tingkat energi pria. Tetapi obat itu menekan produksi testosteron alami sehingga bisa mematikan produksi sperma.

Mitos: Menggunakan celana dalaman dapat menambah kesuburan.

Beberapa orang percaya jika pilihan pakaian dalam pria dapat memengaruhi kesuburannya. Padahal jenis pakaian apapun yang pria gunakan tidak masalah. Satu hal yang penting dalaman tersebut dapat membuatnya merasa nyaman.

Fakta: Berendam di air panas dapat memengaruhi produksi sperma.

Berendam di air panas dapat merusak produksi sperma sehingga menurunkan jumlahnya. Maka dari itu, testis pria disarankan untuk berada dalam suhu 2° lebih tinggi dari suhu inti tubuhnya. Akan tetapi, meskipun jumlah sperma mengalami penurunan, bukan berarti berpengaruh terhadap kesuburan.

Fakta: Minuman manis dapat membahayakan kesuburan pria.

Menurut penelitian dari University School of Public Health baru-baru ini, meminum lebih dari satu gelas minuman manis per hari dapat menghambat kesuburan seorang pria. Minuman manis dikaitkan dengan penurunan kemungkinan terjadinya pembuahan.

 

Fakta: Minum alkohol bisa membahayakan produksi sperma.

Penelitian menunjukkan bahwa bahkan konsumsi alkohol moderat dapat membahayakan kesuburan pria. Alkohol dapat menurunkan kualitas sperma dalam hal bentuk dan ukuran.

Fakta: Kurang tidur dapat memengaruhi kesuburan pria.

Penelitian menunjukkan kurangnya tidur berkualitas dapat memengaruhi kesuburan seorang pria. Pria yang tidur kurang dari enam jam per malam rata-rata mengalami kesulitan untuk membuat pasangan mereka hamil. Peluangnya turun menjadi 40% lebih rendah.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini