nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Celebrity Chef ini Ungkap Rahasia Membuat Telur Orak Arik yang Sempurna

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 27 Juni 2018 20:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 27 298 1914763 celebrity-chef-ini-ungkap-rahasia-membuat-telur-orak-arik-yang-sempurna-lAPipqWMu3.jpg Ilustrasi telur orak-arik (Foto: Bettycrocker)

TELUR orak-arik adalah menu sarapan klasik yang cukup digemari oleh berbagai kalangan. Meski bahan-bahan yang digunakan terbilang sederhana, namun teknik pembuatannya ternyata tidak semudah yang selama ini kita bayangkan.

Ya, semua orang memang bisa membuat olahan telur orak-arik. Tapi untuk mendapatkan tekstur dan cita rasa yang maksimal, diperlukan sebuah teknik khusus dan pemilihan bahan makanan yang tepat.

Seorang celebrity chef asal Australia, Curtis Stone, sempat membeberkan beberapa tips ampuh membuat olahan telur orak-arik yang sempurna.

"Tidak ada yang lebih menyedihkan daripada menyantap telur orak-arik yang kering dan tidak gurih," ujar ayah dua anak itu dalam sebuah video yang diunggah oleh Coles.

 (Baca Juga:Restoran Ini Gunakan Koki Robot untuk Membuat Burger)

"Saya ingin mengajari Anda cara membuat telur orak-arik yang sempurna. Saya tahu banyak yang mengira bahwa mereka tidak pernah melakukan kesalahan saat membuat hidangan tersebut. Tapi perlu Anda ketahui bahwa hidangan ini dapat diolah dengan sempurna, cantik, halus, dan lezat," tambah Curtis.

 

Berdasarkan penjelasan Curtis, yang Anda butuhkan hanyalah telur ayam, krim kental, garam, merica, dan daun bawang untuk memperlezat cita rasanya.

Langkah pertama, hancurkan enam telur ke dalam mangkuk besar atau tergantung berapa banyak porsi yang hendak Anda masak. Selanjutnya, tambahkan krim kental dalam jumlah yang banyak.

"Aku selalu menggunakan cara tradisional, yaitu menambahkan krim kental. Tapi jika Anda sedang diet, Anda bisa menggantinya dengan susu rendah lemak," jelasnya.

 (Baca Juga:5 Mitos soal Makanan yang Beredar di Indonesia, Kamu Percaya Gak?)

Lebih lanjut Curtis menjelaskan, untuk membuat olahan krim yang lezat, Anda bisa mencampurkan setengah susu murni dan setengah susu krim, lalu kocok dua bahan utama tersebut dengan garpu sambil menambahkan sedikit garam dan merica.

Langkah selanjutnya, lelehkan mentega di atas wajan anti lengket dengan suhu api rendah, dan bersiaplah menuangkan adonan telur ke dalamnya.

 

"Ketika Anda membuat telur orak-arik, Anda harus memasaknya dengan sangat perlahan. Menggunakan wajan anti lengket sangat penting, karena Anda akan mengaduk telur-telur itu dari dasar wajan," kata Curtis.

Setelah semua bahan tercampur rata, Curtis lalu menambahkan beberapa potong daun bawang sebelum adonan dituangkan ke dalam wajan.

"Saya suka menambahkan sedikit sayuran hijau ke dalam adonan, karena saya pikir itu akan menghasilkan rasa yang lebih lezat," imbuhnya.

Ketika wajan sudah dalam kondisi hangat, Curtis langsung menuangkan adonan telur ke atas mentega cair secara perlahan.

"Ketika seluruh adonan sudah dituangkan, saya biasanya akan meningkatkan panas api. Jangan lupa ambil spatula karet untuk mengaduk adonan telur, terutama pada bagian dasar wajan," tukas Curtis.

Dengan metode ini, Anda bisa mendapatkan olahan telur orak-arik dengan cita rasa yang sempurna dan tekstur yang halus dan lembut. Demikian dilansir dari Daily Mail, Rabu (27/6/2018).

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini