nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Olahraga 10 Menit Bisa Buat Anda Bahagia, Percaya Gak?

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 28 Juni 2018 05:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 27 481 1914893 olahraga-10-menit-bisa-buat-anda-bahagia-percaya-gak-wa2yo4SOjn.jpg Ilustrasi. (Foto: Netdoctor)

SIAPA sih orang yang tidak mau bahagia? Semua orang pasti mencari kebahagian lewat berbagai cara. Namun, tahukah Anda ternyata berolahraga juga bisa membuat rasa bahagia?

Sebuah survei mengungkapkan, ternyata dengan berolahraga Anda bisa melepas hormon endorfin, sebuah hormon yang membuat Anda bahagia. Tidak perlu lama, cukup berolahraga sekira 10 menit saja setiap harinya, maka Anda sudah melepas hormon tersebut..

Diwartakan laman Independent, survei yang dilakukan YouGov menunjukkan rata-rata untuk orang dewasa di Inggris yang berolahraga tiga kali seminggu atau lebih, bisa mendapatkan endorfin alami dalam sembilan menit 44 detik.

Survei ini dilakukan untuk menyelidiki transisi mental antara memotivasi diri sendiri untuk berolahraga dan menikmatinya begitu Anda melakukannya.

Baca Juga: Miliki Suara Merdu, Nissa Sabyan Ternyata Pandai Berpenampilan, 5 Gayanya Ini Bikin Hati Terasa Adem

“Cara ini jadi sesuatu yang bisa setiap orang terkait gaya hidup yang sangat sibuk. Sering kali lebih mudah memikirkan alasan untuk tidak berolahraga tetapi ada momen yang sangat berbeda ketika pola pikir Anda berubah dan mulai olahraga,” ucap Michael Caulfield, seorang psikolog olahraga terkemuka di The Sporting Edge.

Survei YouGov tidak hanya menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga secara teratur mencapai euforia lebih cepat. Survei juga mengungkapkan bahwa wanita dapat mendapat endorfin lebih cepat satu menit daripada pria, dengan waktu rata-rata sembilan menit dan tujuh detik dibandingkan rata-rata orang 10 menit dan 20 detik.

Sementara jika dilihat dari usia, mereka yang berada di rentang 35-44 tahun paling lama mencapai euforia, karena membutuhkan rata-rata 12 menit dan 47 detik, dibandingkan dengan mereka yang berusia 45-54 tahun yang hanya membutuhkan waktu tujuh menit dan empat detik untuk mencapai titik itu.

Sedangkan orang dewasa berusia antara 18-24 tahun, tercatat mengalami euforia tercepat, dengan waktu rata-rata kurang dari tujuh menit.

Baca Juga: 2 Kata Ajaib Ini Bisa Bangkitkan Gairah Seksual Wanita

Jenis latihan yang Anda lakukan juga dapat berpengaruh pada lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak endorfin alami. Para pengunjung gym mulai menikmati latihan tercepat, hanya dalam enam menit dan 36 detik.

Sementara pelari mengalami momen euforia lebih cepat, sekira 8 menit dan 28 detik, daripada mereka yang lebih suka berjalan atau mendaki, baru merasakan euforia sekira 10 menit 35 detik, dan kelas latihan sembilan menit 17 detik.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini