nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gara-Gara Nama Anak Kurang Feminin, Sepasang Orangtua Ini Dibawa ke Meja Hijau

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 28 Juni 2018 16:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 28 196 1915221 gara-gara-nama-anak-kurang-feminin-sepasang-orangtua-ini-dibawa-ke-meja-hijau-Uitri8MixJ.jpg Ilustrasi (Foto: Pexels)

SETIAP orang percaya bahwa nama memiliki artinya tersendiri dan setiap orangtua tentu menginginkan anaknya memiliki nama terbaik versi mereka. Tapi, apa yang ada di pikiran Anda jika nama yang diberikan orangtua malah membawa mereka ke meja hijau?

Begitulah yang terjadi pada sepasang orangtua di Milan, Italia, yang dipaksa oleh pengadilan untuk mengubah nama buah hatinya agar menjadi lebih feminin. Sebelumnya, bayi berusia 18 bulan tersebut diberi nama Blu atau berarti biru dalam Bahasa Indonesia.

Menurut dekrit presiden yang keluar pada 2000 dikatakan bahwa nama yang diberikan pada anak harus sesuai dengan jenis kelaminnya. Dan otoritas Italia tidak menganggap bahwa Blu adalah nama yang cocok untuk anak perempuan. Makanya, orangtua ini pun harus berhadapan dengan hukum.

 (Baca Juga:Ungkap Perbedaan Ratu Elizabeth, Kate Middleton dan Meghan Markle dari Bahasa Tubuhnya)

Padahal, dilansir dari Oddity Central, Kamis (28/6/2018), nama Blu telah tercatat secara resmi di sertifikat kelahiran serta paspor sang anak.

Namun belum lama ini kedua orangtua Blu dipaksa untuk hadir ke pengadilan untuk mengganti nama sang buah hati dengan nama yang lebih feminin.

 

"Mengingat bahwa ini adalah nama modern berdasarkan kata dari Bahasa Inggris 'Blue', dan bahwa itu tidak dapat dianggap benar-benar didistribusikan kepada seseorang dari jenis kelamin perempuan, akta kelahiran harus diperbaiki dengan memasukkan nama perempuan lain yang dapat diajukan orangtua selama jalannya sidang," bunyi tuntutan pengadilan.

 (Baca Juga:5 Artis Ini Jadi Anti Selfie, Siapa Saja Mereka?)

Sang ayah, Luca, mengatakan bahwa pengadilan mengancam akan mengganti nama anak buah hatinya secara paksa. "Kalau kami tidak muncul pada Kamis nanti dengan nama alternatif, seorang juri akan memutuskan secara hukum nama untuk anak kami," kata Luca pada koran Italia Il Giorno.

Orangtua Blu sendiri berencana untuk mengajukan tuntutan dan berargumen bahwa nama anak mereka telah digunakan oleh anak perempuan di seluruh dunia termasuk anak pasangan mega bintang, Beyonce dan Jay Z yaitu Blue Ivy.

Dikutip dari Il Giorno, badan statistik Italia--Istat, mencatat setidaknya ada 6 perempuan Italia bernama Blu dan ada dua perempuan bernama Verde (hijau).

Koran Italia lainnya, La Republica, bahkan berhasil menghubungi perempuan bernama Blu Lapore dari Roma yang mengatakan bahwa ibunya berhasil meyakinkan pengadilan dengan mengatakan bahwa preferensi nama berubah seiring waktu. Misalnya, kata Blu Lapore, nama Celeste yang sebenarnya adalah nama laki-laki, namun kini secara eksklusif hanya diberikan pada anak perempuan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini