nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rindu Makanan dari Rusia, Bakso Selalu di Urutan Pertama

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 28 Juni 2018 13:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 28 298 1915107 rindu-makanan-dari-rusia-bakso-selalu-di-urutan-pertama-A5PMhMtLtR.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

AWALNYA melihat postingan seorang kawan di Facebook. Di sela-sela pertandingan Prancis kontra Denmark yang berjalan membosankan, iseng-iseng membuka Facebook, muncullah status kawan itu di urutan teratas timeline saya.

Statusnya biasa, fotonyalah yang memancing rasa kangen rumah. Benar kata pepatah, homesick begin with food. Saya langsung tunjukkan foto mi ayam disertai bakso dan pangsit rebus plus es teh manis ala abang-abang pinggir jalan itu ke rekan-rekan peliput asal Indonesia.

Kontan kerinduan akan kuliner Tanah Air menjadi-jadi. Bagi saya, bakso kuah berada di urutan teratas diikuti dengan soto daging bening yang memakai lobak putih. Sementara rekan dari Surabaya, Jawa Timur, memiliki selera sedikit berbeda.

“Nomor satu, bakso dengan saus botolan itu. Kedua, pecel sambal tumpang, setelah itu mi ayam,” ujarnya.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

“Saya selalu lihat YouTube makanan bila senggang,” tambahnya sambil tertawa. [Baca Juga: Bakso Dodol Jadi Kuliner Unik Khas Garut yang Siap Menggoyang Lidah Anda]

Beberapa rekan membawa perbekalan makanan selama di sini. Mi instan adalah hal wajib, bersama saus, abon, dan kecap. “Tetap saja tidak sama. Beberapa makanan tetap dirindukan,” kata rekan tersebut.

Sementara saya menyesal lantaran lupa membawa cabe bubuk yang biasa ditaburkan di berbagai makanan. Kami pun lantas membayangkan “penderitaan” warga Indonesia yang luar biasa berani bekerja di luar negeri untuk menghidupi keluarga.

Bakso, Foto: Okezone

Pasti sangat rindu akan masakan asli Tanah Air atau daerahnya. Memang bisa masak sendiri atau pergi ke restoran Indonesia.

[Baca Juga: Gak Pakai Ribet, Resep Sahur Pakai Omelet Bakso Udang dan Tumis Tempe]

“Tapi rasa tetap beda. Tak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makanan yang disantap di tempat kita berasal,” ujar seorang kawan yang sudah tinggal di Moskow selama 6 tahun.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini