nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penting bagi Traveller, Tips & Trik Beli Tiket lewat Online agar Tak Tertipu

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 28 Juni 2018 23:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 28 406 1915188 penting-bagi-traveller-tips-trik-beli-tiket-lewat-online-agar-tak-tertipu-nHpz1bYDoV.jpg Tiket Online (Foto: Ticketstripe)

TIDAK bisa dipungkiri, kereta api adalah moda transportasi paling favorit di Indonesia. Selain harganya yang murah, bepergian jarak jauh menggunakan transportasi ini terasa lebih nyaman dan aman.

Namun hal ini membuat tiketnya kerap kali habis sebelum waktu keberangkatan tiba. Kemudahan pembelian tiket secara online membuat penumpang bisa booking sejak jauh hari dan dengan mudah ludes terjual untuk tanggal-tanggal tertentu, terutama pada musim liburan. Kamu bisa membelinya 90 hari sebelum hari keberangkatan.

Meski demikian, jangan sampai kamu membeli dari calo ketika kehabisan tiket di loket atau di penjualan online. Karena dengan sistem kereta api yang sekarang, calo sangat sulit beroperasi dan bila ada, bisa dipastikan bahwa itu adalah tiket palsu.

Baca Juga :

Waspada Tiket Palsu

Bukan tanpa alasan mengapa PT KAI memberlakukan sistem pembelian tiket sesuai dengan kartu identitas. Salah satunya adalah untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya praktik calo dan juga tiket palsu.

Beberapa tahun lalu sempat terjadi kasus tiket palsu yang dijual oleh calo dan membuat penumpang rugi karena tidak bisa melakukan boarding pass di stasiun. Namun kini dengan sistem pembelian tiket kereta api yang mudah dan bisa diakses secara online, penumpang harus lebih cerdas dan tidak mudah percaya pada kalimat manis para calo yang menawarkan tiket.

Ingat, bahwa satu nomor identitas untuk membeli tiket kereta api hanya berlaku untuk pemilik kartu saja. Sehingga jika ada calo yang menawarkan, sudah pasti tidak bisa digunakan untuk masuk ke dalam stasiun. Karena tiket ini tidak bisa dipindahtangankan ke orang lain tanpa proses pembatalan ke pihak PT KAI terlebih dahulu.

Kereta Lanjutan

Sejak beberapa waktu lalu, PT KAI menggandeng Traveloka dengan menjual tiket kereta lanjutan . Dengan cara ini, penumpang bisa menempuh perjalanan ke kota tujuan dengan dua kereta yang berbeda, namun tiketnya bisa dibeli langsung dalam satu transaksi.

Kereta lanjutan ini tidak hanya menyediakan rute ke kota-kota besar saja. Tetapi juga bisa dipergunakan untuk membeli tiket ke kota yang tidak menyediakan rute langsung.

Mekanisme Pemesanan

Cara pemesanan tiket kereta lanjutan sama saja dengan kereta langsung. Buka situs perjalanan lewat website atau aplikasi di ponsel, kemudian masuk ke menu kereta api.

Masukkan nama kota yang dituju, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan kereta, baik jalur langsung maupun lanjutan.

Jika dalam detail perjalanan terdapat kata ‘transit’, maka itu tandanya kereta yang kamu tumpangi adalah kereta lanjutan. Kamu bisa memilih rute mana yang paling memungkinkan, kemudian lanjutkan transaksi seperti biasa.

Scan Boarding Pass dari Aplikasi

Setelah transaksi pembayaran dilakukan, tiket kereta lanjutan akan masuk ke aplikasi dan juga e-mail kamu. Di dalam bukti transaksi ini, kamu akan mendapatkan barcode yang bisa digunakan sebagai boarding pass di stasiun. Mudah dan aman.

Adanya kereta lanjutan memudahkan perjalanan dan menambah kemungkinan penumpang untuk mendapatkan tiket ke kota tujuan. Jadi, nggak perlu panik kalau kamu kehabisan tiket kereta api, karena ada kereta lanjutan yang akan membawa kamu tanpa harus melalui calo.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini