nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Disangka, Pulau Kecil Ini Punya Kumpulan Uang Koin Raksasa dan Terberat di Dunia

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 28 Juni 2018 20:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 28 406 1915283 tak-disangka-pulau-kecil-ini-punya-kumpulan-uang-koin-raksasa-dan-terberat-di-dunia-UjVAl1sPIP.jpg Koin uang (Foto: Odditycentral)

PERNAH melihat koin receh milik Mr. Crab di kartun Spongebob? Di dunia nyata pun ada lho pulau yang memiliki koin receh seperti itu.

Pulau yang tidak banyak orang tahu tersebut bernama Yap, sebuah pulau kecil Micronesian. Seperti yang diwartakan laman Oddity Central, Kamis (28/6/2018), orang-orang Yap memang menggunakan uang terbuat dari ukiran batu pada masa lalu, yang jumlahnya belasan ribu di pulau tersebut.

Berat dan besarnya uang receh dari Yap didapuk sebagai mata uang yang melebih berat sebuah mobil. Letaknya tidak bergerombol, tapi tersebar di halaman hotel, hutan, dan sebagian besar di desa-desa.

 Baca Juga Bintang Porno Ini Dinobatkan Sebagai Hottest Female Fans World Cup 2018, Tampilannya Bikin Pria Kegerahan!

Ada sekira 13ribu uang raksasa yang tersisa di Yap, ukurannya pun berbeda mulai 30 centimeter hingga 3,5 meter. Uang dengan diamater yang paling besar dianggap uang yang paling berharga. Ukuran memang salah satu yang utama untuk uang receh dianggap lebih berharga, tapi tentu bukan satu-satunya, karena tiap uang punya nilainya sendiri.

 

Keberadaan uang-uang raksasa ini awalnya hanyalah sebuah hadiah yang diberikan oleh seorang pelaut pada warga Yap. Namun, uang-uang tersebut diukir dan dibuat oleh anak buah, yang semula diperintah membentuk batu mirip ikan, hingga si pelaut berubah pikiran saat melihat bulan purnana, dan malah membentuk batu jadi mirip bulan dengan lubang di tengah.

Keunikan lainnya, uang batu raksasa jarang berpindah tangan, alasannya tentu karena bentuk dan ukurannya yang luar biasa mencapai berton-ton. Sehingga, ditemukanlah kesepakatan meskipun lokasi uang tidak berpindah, pemiliknya bisa berubah.

 Baca Juga: 5 Fakta Orgasme yang Wajib Kamu Tahu, Nomor 4 Bikin Nagih Terus!

Uang batu yang disebut uang ini jelas tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, melainkan dianggap seperti halnya emas, yang dipakai untuk transaksi tertentu, misalnya mahar pernikahan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini