Hati-Hati Bila Menahan Pipis, Ini yang Bisa Menyerang Kamu!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 28 Juni 2018 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 28 481 1915182 hati-hati-bila-menahan-pipis-ini-yang-bisa-menyerang-kamu-oGL9Q3nMOz.jpg Nahan Pipis (Womenhealthmag)

SEMUA orang tentu pernah menahan keinginan untuk buang air kecil. Salah satu alasannya karena mereka tidak dapat menemukan toilet terdekat, atau ketika sedang berada di bioskop. Para ahli mengatakan bahwa tindakan tersebut adalah sifat alami manusia, asal jangan terlalu sering dilakukan.

Pasalnya, buang air kecil merupakan salah satu unsur terpenting dalam sistem pencernaan tubuh manusia. Ginjal menyaring air yang berlebih dan membuangnya melalui aliran darah. Hasil dari pembuangan inilah yang sering kita sebut urin. Nah, sebelum dikeluarkan, urin akan disimpan terlebih dahulu di dalam kandung kemih.

 Baca juga: Bintang Porno Ini Dinobatkan Sebagai Hottest Female Fans World Cup 2018, Tampilannya Bikin Pria Kegerahan!

Melansir dari Business Insider, Kamis (28/6/2018), pada dasarnya, kandung kemih dapat menahan 1-2 cangkir urin sebelum dikeluarkan melalui sistem pencernaan. Tetapi jika Anda memiliki kebiasaan menahan buang air kecil dalam jangka waktu yang lama, hal tersebut justru akan meregangkan kandung kemih dan membuatnya menjadi lebih

Nahan pipis (Shutterstock)

Salah satu studi menemukan bahwa perawat yang sering menahan kecing karena alasan pekerjaan, memiliki ukuran kandung kemih dua kali lebih besar dari ukuran normal.

Tetapi ini bukan berarti Anda harus menahan buang air kecil setiap saat. Pasalnya, kebiasaan tersebut tidak hanya merenggangkan ukuran kandung kemih, namun juga meregangkan otot sfingter eksternal Anda. Ini adalah otot yang sangat penting karena terhubung dengan bagian luar kandung kemih Anda.

Baca juga: Miliki Suara Merdu, Nissa Sabyan Ternyata Pandai Berpenampilan, 5 Gayanya Ini Bikin Hati Terasa Adem

Dalam arti lain, otot sphincter inilah yang mengendalikan kapan air seni dapat dikeluarkan dari kandung kemih. Nah, jika terlalu sering menahan kencing, ada kemungkinan Anda tidak dapat lagi mengendalikan otot sphincter eksternal. Memang dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai titik tersebut.

Dampak negatifnya, kandung kemih pun akan terisi lebih cepat sehingga membuat keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Selain itu juga bisa menyebabkan gangguan serius yang disebut dengan istilah retensi urin. Ini adalah kondisi di mana urin terlalu lama tersimpan di kandung kemih.

Baca juga: 7 Gejala Anemia yang Tak Boleh Diabaikan, Salah Satunya Ingin Makan Benda Aneh

Mengingat kandung kemih merupakan ‘kantung limbah’ yang hangat, organ tubuh itu bisa jadi tempat perkembangbiakan bakteri yang dapat memicu berbagai penyakit berbahaya seperti gagal ginjal, dan berakir pada kematian. Bagaimana Okezoners, masih mau menunda-nunda buang air kecil?

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini