Tenggorokan Gatal? Ini 6 Tips Mengatasi yang Layak Anda Coba!

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Kamis 28 Juni 2018 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 28 481 1915209 tenggorokan-gatal-ini-6-tips-mengatasi-yang-layak-anda-coba-n5vfLsMyeY.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Setiap orang mungkin pernah mengalami rasa tidak enak di tenggorokan yang membuat tenggorokan gatal. Ketika itu mungkin Anda akan sering mengalami batuk kering. Sebenarnya, batuk memiliki tujuan untuk menyingkirkan lendir atau zat iritasi lain yang menyebabkan gatal. Namun sayangnya, batuk tidak selalu bisa menghilangkan rasa gatal di tenggorokan. Tak perlu khawatir, begini cara mengatasi tenggorokan gatal.

 

Mengatasi tenggorokan gatal dengan perawatan rumahan

Biasanya, saat mengalami tenggorokan gatal Anda seperti merasa ada yang menyumbat saluran tenggorokan atau di ujung mulut. Pada beberapa orang, kondisi ini bahkan bisa menyebabkan suara jadi serak dan kesulitan berbicara. Karena tenggorokan gatal adalah gejala umum dan biasanya tidak terkait dengan kondisi kesehatan yang serius, maka Anda bisa mencoba perawatan di rumah untuk meredakan gejala.

Ilustrasi, ShutterstockFoto: Shutterstock

Baca Juga: Kerap Jerawatan? 6 Cara Sederhana Ini Dapat Mengatasinya

Anda tidak boleh menunda perawatan medis jika gatal tenggorokan disertai gejala lain yang lebih serius seperti demam tinggi, menggigil, atau sulit bernapas.

Berikut perawatan di rumah yang bisa membantu meredakan gatal tenggorokan.

-Berkumur dengan air garam. Campurkan ½ sendok teh garam dan 8 ons air, lalu pakai campuran tersebut untuk berkumur selama waktu yang singkat.

-Mengisap permen pelega tenggorokan. Permen dapat membantu merangsang produksi air liur, yang dapat menjaga tenggorokan tetap lembab dan meredakan rasa gatal.

-Obat over-the-counter (OTC). Anda mungkin ingin mencoba pereda nyeri OTC atau bahkan semprotan tenggorokan.

-Istirahat ekstra. Jangan memaksa tubuh Anda untuk beraktivitas terlalu keras, bisa jadi tenggorokan gatal Anda adalah hasil dari tubuh Anda melawan virus. Karena itu sebaiknya Anda istirahat lebih banyak.

-Minum air putih yang banyak.

-Hindari minuman beralkohol dan berkafein. Karena dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat tenggorokan kering.

-Menggunakan humidifier. Ini digunakan untuk menjaga kelembapan atau agar udara tidak terlalu kering. Udara yang kering dan dingin sering dapat menyebabkan tenggorokan Anda terasa tidak nyaman.

-Hindari pemicu yang diketahui. Anda mungkin sadar bahwa paparan terhadap beberapa hal tertentu dapat menyebabkan tenggorokan gatal. Ini mungkin termasuk alergen seperti serbuk sari atau debu.

-Minum teh jahe.

-Minum teh panas dengan lemon atau madu.

-Makan sup panas.

Supaya lebih mudah diatasi, kenali penyebabnya dulu

Selain cara yang telah disebutkan sebelumnya, Anda bisa mengatasi tenggorokan yang gatal dengan mengetahui terlebih dulu apa saja yang menjadi penyebab dari kondisi ini. Jadi, perawatan yang dilakukan bisa disesuaikan dengan penyebabnya dan gejala pun akan lebih mudah teratasi.

1. Post-nasal drip

Post nasal drip adalah kondisi di mana lendir terlalu banyak diproduksi sehingga muncul sensasi lendir tertelan di belakang tenggorokan. Post nasal drip biasanya disebabkan karena rhinitis (pilek) yang berlangsung lama. Lendir yang berapa di belakang tenggorokan ini yang menyebabkan terjadi gatal di tenggorokan.

Cara terbaik untuk mengobati gatal tenggorokan karena post-nasal drip adalah dengan mengatasi akar penyebab peningkatan produksi lendir. Penyebab umumnya adalah alergi, refluks asam lambung, dan infeksi bakteri atau virus.

2. Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Biasanya, sakit tenggorokan timbul akibat adanya peradangan pada daera tersebut. Hal ini disebabkan oleh bakteri Streptococcus. Radang tenggorokan umumnya hanya membutuhkan obat antibiotik, jika memang disebabkan oleh bakteri. Namun, sebagian besar kasus sakit tenggorokan disebabkan oleh virus sehingga, tidak bisa diobati dengan antibiotik. Sebagai gantinya, dokter akan memberikan obat antiradang dan menyarankan Anda untuk beristirahat total supaya cepat pulih.

Ilustrasi, ShutterstockFoto: Shuttersrock

3. Alergi

Untuk menghilangkan tenggorokan gatal yang disebabkan oleh alergi, Anda harus mengetahui apa yang menyebabkan alergi dan kemudian menghindarinya. Ketika tidak mungkin untuk menghindari alergen, seperti serbuk sari di udara, obat-obatan yang termasuk antihistamin dapat membantu mengurangi iritasi.

4. Infeksi sinus

Infeksi sinus atau dikenal sebagai sinusitis, adalah penyebab umum lainnya dari tenggorokan gatal. Jika pilek berlangsung selama lebih dari 10 hari, atau mulai menjadi lebih baik tetapi kemudian memburuk lagi, ini mungkin berarti bahwa sinus telah terinfeksi. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri dapat diobati dengan antibiotik sementara infeksi virus ditangani dengan penghilang rasa sakit yang dijual bebas.

5. Dehidrasi

Meningkatkan produksi air liur dapat membantu mengurangi gejala dehidrasi dan menghilangkan rasa gatal di tenggorokan yang disebabkannya. Penggunaan humidifier untuk menambah kelembapan udara juga dapat mengatasi tenggorokan gatal yang disebabkan dehidrasi. Selain itu, perlu meningkatkan konsumsi air putih hangat untuk meredakan gejala gatal tenggorokan.

Baca Juga: Demi Mencari Belahan Hati, Pria Malang Ini Mengaku Ditolak 80 Ribu Wanita

6. Debu

Gangguan lingkungan, seperti debu, polusi udara, dan asap rokok, dapat menyebabkan tenggorokan gatal. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan berhenti merokok dan membatasi terkena asap.

 Ilustrasi, ShutterstockFoto: Shutterstock

7. Penyakit asam lambung (GERD)

GERD dapat diobati dengan campuran obat dan perubahan gaya hidup, seperti tidur dengan kepala yang ditinggikan dan mengubah kebiasaan langsung berbaring setelah makan atau minum. Sebaiknya menunggu hingga 1-2 jam setelah makan jika ingin berbaring. Langkah-langkah ini dapat membantu Anda mengatasi gatal tenggorokan yang disebabkan oleh refluks asam.

8. Asma

Asma adalah kondisi paru-paru kronis di mana saluran udara menjadi meradang dan menyempit, sehingga sulit untuk bernafas. Bagi sebagian orang, gatal di tenggorokan dan batuk kronis adalah gejala utama dari asma. Orang dengan asma perlu mengikuti rencana perawatan dari dokter yang dapat mengendalikan gejalanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini