Ren Keyu "Calon" Manusia Tertinggi di Dunia, Baru 11 Tahun Sudah 2 Meter

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 29 Juni 2018 06:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 29 196 1915489 ren-keyu-calon-manusia-tertinggi-di-dunia-baru-11-tahun-sudah-2-meter-NQ9WFMk9Ff.jpg Ren Keyu. (Foto: Chengdu Economic Daily)

BERAPA tinggi badan Anda saat berusia 11 tahun? Pasti tidak akan mengalahkan tinggi badan seorang bocah asal Leshan, China. Pasalnya, tinggi badan remaja bernama Ren Keyu itu sudah mencapai 2,06 meter (m) di usia 11 tahun, sekira kelas 6 Sekolah Dasar (SD) di Indonesia.

Rata-rata tinggi badan anak usia 11 tahun di China adalah 1,45 m menurut data yang dirilis pada 2017. Sebagai informasi, tinggi badan itu dicapai Ren saat dirinya baru menginjak usia taman kanak-kanak (TK)!

Tinggi tubuhnya itu membuat remaja berkacamata tersebut terlihat menjulang di antara yang lain. Ia juga harus duduk di kursi khusus agar bisa belajar dengan nyaman di kelas. Karena tinggi badannya, guru sering salah mengira dia berasal dari kelas yang lebih tinggi.

Baca Juga: 5 Artis Ini Jadi Anti Selfie, Siapa Saja Mereka?

Ren juga tidak luput dari ejekan karena tinggi tubuhnya tersebut. Namun, ia tidak berkecil hati. Dia justru berharap kelebihannya itu akan membuat namanya tercatat di buku rekor dunia Guinness sebagai anak kelas 6 tertinggi di dunia.

Kakek-neneknya ingat betul Ren selalu lebih tinggi dari teman-temannya sejak kecil. Karena terus bertumbuh tinggi, mereka sempat khawatir dan membawanya ke dokter. Namun, sejumlah tes menunjukkan tidak ada yang salah dengan kadar hormon atau kelenjar pituarinya.

Baca Juga: Deretan Manusia Aneh di Dunia, Tak Pernah Tidur hingga Pemakan Segala

“Tingginya mencapai 1,3 m ketika masih TK. Dokter mencurigai ia menderita sindrom gigantisme. Namun, sejumlah pemeriksaan fisik menunjukkan hormon pertumbuhannya dan kelenjar pituarinya ada dalam level normal,” ujar sang nenek, mengutip dari Oddity Central, Jumat (29/6/2018).

Nenek yang tidak diketahui namanya itu menduga tinggi badan cucunya yang tidak biasa tersebut berhubungan dengan gen yang diturunkan dari sisi ibunya. Sebagai informasi, ibu kandung Ren bertinggi badan 1,9 m, yang tidak biasa bagi perempuan di China. Tinggi tubuh ayahnya juga menginjak 1,8 m.

Ren Keyu mengatakan, awalnya merasa sangat bangga karena lebih tinggi dari teman-teman sebayanya. Sebab, saat TK hanya dia yang mampu mengambil apel yang selalu ditaruh oleh guru di tempat yang sangat tinggi. Ia lantas menjadi populer di antara teman-temannya.

Sayang, keadaan berubah ketika orang-orang menanyakan kenapa dirinya sangat tinggi untuk ukuran seorang anak TK. Setelah memasuki usia sekolah dasar, teman-teman justru mulai mengejek tubuhnya yang menjulang tinggi itu. Ren sempat membenci dirinya sendiri setelah diejek mirip dengan raksasa.

 

“Saya sama-sama berharap untuk tumbuh lebih tinggi sekaligus juga berhenti tumbuh. Saya ingin tinggi badan saya cukup untuk memecahkan rekor dunia, tetapi saya tidak senang dengan ketidaknyamanan yang dirasakan karena tinggi badan ini,” tukas Ren.

Awalnya, orang-orang mengira Ren bisa memecahkan rekor sebagai remaja tertinggi yang dipegang Kevin Bradford sejak 2015. Tinggi badan Kevin mencapai 2,15 m ketika usianya 16 tahun saat itu. Faktanya, umur Ren masih 11 tahun sehingga belum pantas menyandang gelar sebagai remaja tertinggi.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini