nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Lahan Kosong di Belakang Rumah? 5 Pohon Buah Ini Cocok Ditanam

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 01 Juli 2018 12:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 29 196 1915743 punya-lahan-kosong-di-belakang-rumah-5-pohon-buah-ini-cocok-ditanam-1TcuBpD4Br.jpg Ilustrasi benih pohon alpukat (Foto: Avoseedo)

ANDA hobi bercocok tanam tapi tidak memiliki lahan yang cukup besar? Tenang, ini bukan masalah besar. Sebab, Anda tetap bisa menyalurkan hobi Anda di pekarangan rumah.

Bukan hal yang mustahil untuk Anda bercocok tanam di belakang rumah misalnya. Sebab, ada beberapa jenis pohon yang tentunya bisa dengan mudah dirawat dan tumbuh dengan baik di halaman yang tak begitu besar.

Jika merunut pada keilmuwannya, bercocok tanam di halaman belakang ini biasa disebut dengan Backyard Orchard. Hobi ini sebetulnya upaya untuk memanfaatkan lahan menjadi kebun beraneka jenis tanaman. Ada keuntungan melakukan kebiasaan ini, Anda bisa makan buah langsung dari pohonnya. Nikmat bukan?

Tapi, Anda juga mesti sadar bahwa tidak semua pohon buah bisa ditanam di pekarangan rumah atau di halaman belakang. Salah satu faktornya adalah ukuran akar, batang pohon, pun juga ruang pohon itu bertumbuh.

 (Baca Juga:Minum Teh Jahe di Pagi Hari, Bisa Hilangkan Stres hingga Kurangi Nyeri Menstruasi Loh!)

Nah, Okezone coba merekomendasikan Anda 5 jenis pohon buah yang dirasa bisa ditanam di halaman belakang. Jangan khawatir, pohon-pohon ini tetap bisa berbuah dan tidak mengambil lahan terlalu besar di halaman Anda.

 

1. Mangga

Pohon ini memiliki batang yang tak begitu besar. Kebanyakan pohon mangga juga tidak memiliki ranting yang terlalu banyak, sehingga luas area halaman tidak akan termakan sepenuhnya. Selain itu, perawatannya juga sangat mudah.

2. Jambu air

Jenis pohon buah yang satu ini ternyata cukup mudah untuk tumbuh di banyak jenis tanah. Hal yang mesti diperhatikan sebelumnya adalah tanah untuk pohon jambu air itu mesti baik, gembur, dan tidak terlalu asam. Siapa sangka, pohon jambu air pun bisa berbuah di dalam pot!

 

3. Belimbing

Pohon ini tidak begitu rumit dalam penanamannya. Tentu ini membawa keuntungan tersendiri bagi Anda yang juga tidak begitu banyak waktu untuk mengeceknya setiap hari. Namun, yang perlu diperhatikan di sini adalah pemberian pupuk yang rutin akan memengaruhi masa tumbuh buah. Harus rajin, ya.

 

4. Kelengkeng

Sudah pernah lihat pohon kelengkeng? Jika bisa dijelaskan sedikit, pohon buah ini batangnya sangat kecil dan media untuk tumbuhnya tidak begitu besar. Jadi, sangat cocok untuk ditanam di halaman belakang. Tapi, memang kondisi tanah dan pemberian pupuk menjadi penentu pertumbuhan buahnya.

 

5. Alpukat

Nah, jika Anda ingin pohon yang sedikit lebih besar tapi tetap proporsi halaman tetap baik, maka pohon alpukat bisa jadi pilihannya. Batangnya yang besar dan tinggi, membuat pohon ini sebetulnya bisa hidup di ruang sempit sekali pun. Bibit yang bagus dan pemberian pupuk yang tepat akan mempercepat pertumbuhan pohon ini dan tentunya semakin cepat juga tumubh buahnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini