nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Salah Lagi, Ini 5 Mitos dan Fakta Seputar Buah yang Masih Banyak Orang Percaya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 30 Juni 2018 00:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 29 298 1915837 jangan-salah-lagi-ini-5-mitos-dan-fakta-seputar-buah-yang-masih-banyak-orang-percaya-ldDNzJqGki.jpg Buah-buahan (Foto: Ist)

BUAH jadi salah satu jenis makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Entah itu dalam bentuk buah potong, diolah jadi minuman jus, salad buah, atau diolah dalam bentuk makanan lainnya. Ya, buah-buahan memang bisa jadi camilan sehat andalan sehari-hari.

Bicara soal buah-buahan ini, tentu beberapa dari kita sudah cukup familiar tentang mitos dan fakta yang beredar seputar buah-buahan. Bingung hal manakan yang hanya sekedar mitos dan mana yang fakta? Melansir Gulfnews, Sabtu (30/6/2018) berikut ulasan seputar mitos dan fakta terkait buah-buahan.

 Baca Juga: Miliki Suara Merdu, Nissa Sabyan Ternyata Pandai Berpenampilan, 5 Gayanya Ini Bikin Hati Terasa Adem

Buah stroberi perlu dicuci sebelum disimpan


Pernah dengan bahwa buah-buah jenis beri misalnya stroberi itu akan jauh lebih bersih jika diciuci terlebih dahulu sebelum disimpan? Mitos ini keliru loh! Sebab, buah-buahan beri faktanya lebih baik disimpan dalam keadaan kering alias tidak perlu dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan. Cucilah buah beri ini sesaat sebelum disantap atau diolah. Mengapa demikian? Sebab, stroberi mempunyai pori-pori sehingga kelembapan akan menciptakan memar atau jamur. Stroberi yang tidak dicuci biasanya akan tetap segar selama tiga hingga tujuh hari setelah pembelian.

Penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi buah-buahan

Memakan buah-buahan adalah cara yang baik untuk memuaskan hasrat untuk mengonsumsi makanan yang manis-manis, ditambah bonus masuknya nutrisi dari buah yang diasup. Buah-buahan dipenuhi dengan vitamin, mineral dan serat seperti halnya sayuran, yang perlu diperhatikan adalah karena buah juga mengandung karbohidrat sehingga memang kita harus menghitungnya mengonstrol ukuran porsinya buah yang dimakan.

Rendah kalori, buah bebas dikonsumsi sebanyak apapun 

Terkadang kita merasa leluasa saat menyantap buah-buahan sebagai kudapan ringan, karena merasa bahwa buah-buahan itu rendah kalori sehingga bisa dimakan sebanyak apapun. Faktanya, buah-buahan juga mengandung gula dan jumlah kalori. Beberapa jenis buah memang kalorinya rendah, tapi tetap saja perlu dikonsumsi dalam jumlah secukupnya. Kalori yang berlebihan akhirnya bisa memicu penambahan berat badan.

Tidak ada perbedaan antara buah kering dan buah segar


Buah-buahan kering dan buah-buahan segar memang keduanya memiliki kualitas yang baik untuk mendukung kesehatan. Namun perlu diingat, faktanya buah-buahan kering itu telah dihilangkan kelembapannya, dan nutrisi serta kalori terkonsentrasi. Sedangkan, di sisi lain buah-buahan segar penuh dengan kandungan air yang dapat membantu tubuh tetap hidrasi, mineral dan vitamin C, vitamin yang peka terhadap panas yang mana vitamin jenis ini diketahui sering berkurang atau bisa hilang di dalam buah kering selama pemprosesannya.

Sementara itu, buah kering disebutkan sebagai sumber serat, vitamin dan mineral yang baik dan dapat diawetkan lebih lama daripada buah segar, jadi kita bisa memakannya ketika buah segar tidak dalam musim. Perlu diingat karena buah kering lebih padat daripada buah segar, buah kering jadi punya lebih banyak kalori, jadi kendalikanlah porsi saat memakan buah-buahan kering. Saat memilih buah kering, sebaiknya pilih yang biasa bukan yang dilapisi dengan gula atau bahan pengawet tambahan yang mana hanya akan menurunkan nilai gizi dari buah tersebut.

 Baca Juga: Siti Badriah Kenakan Hoodie Tenun Etnik saat Liburan di NTT, Netizen: Syantik!

Makan buah terlalu banyak bisa diabetes 

"Jangan makan buah terlalu banyak nanti kena diabetes", siapa yang pernah mendengar mitos ini? Well, padahal penyakit diabetes itu sendiri adalah ketidakmampuan organ pankreas untuk menghasilkan insulin yang cukup, yang mana artinya diabetes ini tidak ditentukan oleh jumlah buah yang disantap.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini