nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengulik Buah-Buah Unik Hasil Persilangan, Salah Satunya Nangkadak

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 30 Juni 2018 18:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 30 298 1916032 mengulik-buah-buah-unik-hasil-persilangan-salah-satunya-nangkadak-F1cVPZKOn0.jpg Buah Hasil Persilangan Cucamelon (Foto: Istimewa)

SELAIN dibudidayakan secara alami, ternyata ada beberapa jenis buah-buahan yang bisa diproduksi dengan cara hibrida. Secara umum, hibrida merupakan hasil persilangan dua atau lebih tumbuhan berbeda jenis, sehingga menghasilkan bentuk dan rasa buah yang unik.

Inovasi ini tentu berkat bantuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin berkembang. Daripada penasaran, berikut Okezone rangkumkan beberapa buah hasil persilangan yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (30/6/2018).

Nangkadak

Tanaman dengan nama ilmiah Artocarpus heterophyllus x integer ini merupakan hasil perkawinan antara pohon nangka betina dengan cempedak jantan. Berkat persilangan tersebut, tingkat produktivitasnya pun menjadi lebih tinggi. Bayangkan saja, selain waktu berbuah yang lebih cepat, pohon nangkadak bisa menghasilkan sekitar 30-50 buah setiap musim panen tiba. Bentuk, aroma, dan rasa buah nangkadak sebetulnya mirip seperti buah nangka. Hanya saja aromanya lebih tajam seperti aroma cempedak. Masyarakat Indonesia cukup menggemari buah ini karena ukuran dagingnya yang besar, serta rasa manis yang menggugah selera.

Pink pineapple

Masyarakat Indonesia tentu sudah familiar dengan buah tropis yang satu ini. Menjelang Lebaran, buah berwarna kuning itu sering digunakan untuk membuat sajian nastar dan olahan kue kering lainnya. Uniknya, beberapa waktu lalu, para peneliti berhasil mengembangkan nanas jenis baru yang disebut pink pineapple. Sesuai dengan namanya, varian nanas ini memiliki daging buah berwarna merah muda yang berasal dari pigmen lycopene atau zat yang membuat semangka dan tomat menjadi berwarna merah. Sayangnya, pink pineapple belum dijual secara bebas di pasaran.

Cucamelon

 

Cucamelon merupakan salah satu buah hasil persilangan yang menggabungkan 3 jenis buah sekaligus yakni, semangka, mentimun, dan jeruk nipis. Hasilnya, buah tampak seperti semangka berukuran mungkil dengan rasa manis dan asam khas jeruk nipis dan mentimun. Uniknya, cuacamelon bisa ditanam di dalam pot dan di luar ruangan. Tanaman ini diketahui berasal dari Meksiko.

Grapple

Buah unik ini berasal dari persilangan antar abuah apel dan anggur. Sekilas, bentuknya mirip apel fuji dengan warna kulit agak merah kekuningan. Grapple merupakan hasil rekayasa genetik dari Todd Snyder of C&O Nyrsery. Rasanya tentu sudah dapat dibayangkan. Buah ini menyuguhkan sensasi rasa manis perpaduan rasa apel dan unggur.

1 / 4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini