5 Buah Pencegah dan Penyembuh Kanker, Coba Dicari Sebelum Terlambat

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 01 Juli 2018 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 30 481 1916118 5-buah-pencegah-dan-penyembuh-kanker-coba-dicari-sebelum-terlambat-lxlgJlmuNW.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENDENGAR namanya saja sudah bikin bergidik ngeri. Apalagi kalau sampai terkena penyakit yang satu ini. Kanker masih menjadi momok yang menakutkan bagi manusia di muka bumi.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir. Sebab, sel-sel penyebab kanker bahkan penyakit kanker bisa diobati dengan cara-cara alami, salah satunya makan buah. Beberapa buah berikut ini cocok untuk dikonsumsi sebagai penyembuh kanker, dilansir dari Truth About Cancer, Minggu (1/7/2018).

Baca Juga: Miliki Suara Merdu, Nissa Sabyan Ternyata Pandai Berpenampilan, 5 Gayanya Ini Bikin Hati Terasa Adem

1. Sirsak

(Foto: shutterstock)

Buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin B, C, kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi. Daging buah sirsak diklaim dapat membantu menekan pertumbuhan onkogene yang disebut sebagai sel penyebab kanker.

Penelitian menyebutkan bahwa potensi antikanker ada dalam biji buah sirsak yang memiliki kandungan berbagai senyawa bersifat sitotoksik. Itu artinya biji buah sirsak bermanfaat melawan berbagai sel penyebab kanker sembari melindungi sel-sel baik.

Sirsak juga kaya akan golongan senyawa kemoterapeutik yang dikenal sebagai acetogenis. Zat ini mampu membungkus dan menghancurkan tumor kanker. Karena itu, sirsak diklaim sangat efektif dalam mengatasi sel kanker prostat, payudara, dan hati.

2. Goji berry

(Foto: shutterstock)

Buah yang satu ini sudah menjadi bahan dasar obat-obatan tradisional China selama lebih dari ribuan tahun. Goji berry bereaksi pada area sekitar hati dan ginjal untuk memberikan nutrisi dan detoksifikasi pada tubuh. Formasi padat polisakarida dan glikokonjugat pada goji berry menunjukkan sifat antioksidan, imunomodulator, dan antitumoral yang unik.

Studi mengungkapkan, ekstraksi protein polisakarida yang berasal dari goji berry menunjukkan manfaat dalam menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Goji berry diklaim sangat efektif dalam melawan kanker, terutama kanker payudara karena menargetkan sel kanker T47D dengan membentuk apoptosis (sel bunuh diri).

3. Buah gardenia

(Foto: fruits.news)

Konsumsi buah gardenia dapat secara langsung membatasi protein mitokondria bernama UCP2. Protein ini disebut-sebut sebagai pelindung sel kanker dari stres oksidatif dengan menghambat fosforilasi oksidatif mitokondria. Sederhananya, buah gardenia berpotensi sebagai anti-tumoral walau sementara waktu menunjukkan toksisitas selektif hanya terhadap sel-sel ganas.

4. Buah camu-camu

(Foto: shutterstock)

Buah yang terdapat di pinggiran Sungai Amazon di Amerika Selatan ini merupakan sumber vitamin C yang sangat kaya. Sebagai sumber antioksidan serta antiinflamasi yang tinggi, camu-camu diklaim efektif melawan sejumlah penyakit kronis, termasuk kanker.

Karena bersifat anti-mutasi genetik, camu-camu mencegah timbulnya mutasi genetis pada tubuh yang memicu tumor kanker. Camu-camu juga bersifat hepatoprotektif yang melindungi hati dari potensi penyebab kanker.

5. Jeruk

(Foto: shutterstock)

Buah jeruk serta turunannya seperti lemon dan limau mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Buah-buahan ini disebut sebagai antikanker karena sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, jeruk juga menguatkan fungsi imun tubuh.

Kaya akan flavonoid, nobiletin, dan vitamin C, buah jeruk sangat anti-angiogenik. Sifat tersebut dapat menghambat pertumbuhan pembuluh darah baru yang berfungsi sebagai mekanisme pengiriman energi dan nutrisi untuk tumor kanker.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini