Makin Banyak Beredar Buah Berpengawet, Seberapa Berbahayanya sih bagi Tubuh?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 30 Juni 2018 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 30 481 1916122 makin-banyak-beredar-buah-berpengawet-seberapa-berbahayanya-sih-bagi-tubuh-i0DvMgvEIJ.jpg Buah Berpengawet (Foto: Istimewa)

SADAR atau tidak, buah yang Anda beli bisa saja mengandung pengawet di dalamnya. Terlebih jika Anda mengonsumsi buah import!

Ya, buah import mau tidak mau harus ditambahkan bahan pengawet untuk menjaga kesegaran dan juga kualitas. Salah satu bahan yang digunakan untuk mengawetkan ini adalah lilin. Ini fakta yang mesti disadari banyak masyarakat.

Baca Juga:

Nah, hal yang perlu diwaspadai sekarang adalah seberapa berbahayanyakah pengawet tersebut untuk tubuh? Apakah cukup berbahaya sampai harus ditinggalkan sama sekali?

Koordinator Program Gizi Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Endang Tri Rahayu mencoba menjawabnya. Menurut dia, efek dari mengonsumsi buah dengan bahan pengawet itu dilihat dari dua sisi. Jangka panjang dan jangka pendek.

Kalau jangka pendek, kata Endang, biasanya seseorang akan mengalami diare berkepanjangan. Hal tersebut merupakan respon tubuh dari adanya hal yang tidak bisa diterima. "Buah yang berpengawet biasanya tidak memberikan dampak langsung, kecuali penggunaan bahan kimianya berlebihan," kata Endang melalui telewicara dengan Okezone, Minggu (1/7/2018).

Kemudian, reaksi lain dari mengonsumsi buah berpengawet adalah mual dan muntah. Ini merupakan reaksi lanjutan dari diare yang diterima seseorang setelah mengonsumsi buah berpengawet. "Makanya, harus pintar-pintar memilih makanan untuk tubuh," saran Endang.

Dia juga menambahkan, memperhatikan kebersihan buah juga perlu dilakukan. Hal tersebut biasanya yang kemudian diabaikan banyak masyarakat. Bisa dikatakan, banyak dari masyarakat kita asal makan saja, tanpa harus menyucinya terlebih dulu!

Sementara itu, dia melanjutkan, untuk jangka panjangnya, bisa saja terjadinya gangguan pada ginjal. Sebab, proses pencernaan makanan terjadi penuh pada ginjal.

Endang menekankan, kalau memang kadar pengawet dalam tubuh sudah akut, masalah pada ginjal bisa saja terjadi. Pola hidup tidak sehat juga yang membuat ginjal semakin buruk.

Selain itu, Endang menambahkan, komplikasi diabetes pun bisa terjadi. "Konsepnya sama. Jadi, tubuh sudah terlalu banyak terpapar bahan pengawet sejak lama. Hasilnya, hal negatif pun terjadi," paparnya.

Makanya, Endang melanjutkan, kalau bisa, mulai sekarang sudah terbiasa untuk hidup sehat dan lebih peduli pada tubuh sendiri. Apapun yang dimakan, akan berdampak ke badan sendiri.

Satu hal lagi, tidak ada salahnya untuk memilih buah lokal dibandingkan buah import. "Ya, itung-itung meminimalisir paparan lilin di buah import yang banyak ditemukan di pasaran," tambah Endang.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini