Jangan Tertipu Ya Moms, Ini Tips Tepat Memilih Durian, Semangka, dan Jeruk yang Sudah Matang

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 01 Juli 2018 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 01 298 1916365 jangan-tertipu-ya-moms-ini-tips-tepat-memilih-durian-semangka-dan-jeruk-yang-sudah-matang-DKnTIhdjjd.jpg Memilih Buah (Foto: Star Insider)

PERNAHKAH Anda merasa ‘tertipu’ saat membeli buah di pasar atau supermarket? Alih-alih mencari buah yang matang, manis, dan segar, Anda justru mendapatkan buah yang mentah, bahkan terkadang sudah membusuk.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, Okezone telah merangkum tips tepat memilih durian, semangka, dan jeruk Anda aplikasikan ketika berbelanja. Berikut ulasannya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Minggu (1/7/2018).

Durian

Pilihlah durian yang memiliki bentuk utuh dan simetris. Durian yang tidak simetris biasanya memiliki buah yang tidak sempurna di juringnya. Hindari memilih durian yang sudah dibelah ujungnya oleh penjual. Udara yang masuk membuat daging durian cepat membusuk. Cium kulitnya, durian yang matang memiliki aroma kuat. Selain itu, tepuk-tepuklah kulit durian. Jika bunyinya berat, durian tersebut sudah matang.

Perhatikan pula jarak antara durinya. Duri-duri yang jarang menandakan daging buahnya kering, sementara duri-duri yang rapat menandakan daging buahnya basah. Terakhir, pilihlah durian yang memiliki lima juring. Ini bisa ditandai dari luar, terdapat alur-alur juring yang memanjang dari atas sampai ke bagian bawah buah. Biasanya durian dengan lima juring memiliki daging buah yang sempurna.

Semangka

Semangkat matang bisa diketahui dengan cara mengetuknya. Semangka matang akan mengeluarkan suara berongga ketika diketuk. Sebaliknya, jika semangka dalam keadaan busuk atau sudah terlalu matang suara khas tersebut tidak akan terdengar. Selain itu, pilihlah semangka yang memiliki warna hijau tua namun cerah dengan garis-garis corak kuning. Warna kuning pada kulit semangka menandakan buah sudah ranum dan matang sempurna. Semangka matang juga memiliki bobot yang cukup berat karena mengandung air tak kurang dari 92%. Jika semangka terasa ringan, kemungkinan buah tersebut sudah terlalu tua dan kandungan airnya sudah berkurang.

Jeruk

Buah jeruk yang memiliki kualitas baik dan segar ditandai dari permukaan kulit yang tampak mengilap dan bersih. Hal ini bisa dilihat dari paparan sinar matahari atau cahaya lampu. Selain kulit yang mengilap, tekstur kulit yang halus juga menandakan bahwa buah sudah dalam kondisi matang. Sebaliknya, jika kulit terasa kasar itu berarti jeruk belum matang dengan sempurna.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini