nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesona Keindahaan Alam Sentani, Surga Tersembunyi di Papua

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Minggu 01 Juli 2018 11:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 01 406 1916260 pesona-keindahaan-alam-sentani-surga-tersembunyi-di-papua-laBUSMa3nw.jpg Papua. (Foto: MNC Media)

PROVINSI paling timur yang ada di ujung Indonesia, Papua, menjelma bak kepingan surga yang jatuh di bumi. Pesona dan keindahan bumi cendrawasih itu tidak perlu diragukan lagi. Begitu banyak hal menarik yang bisa ditemukan di Papua. Seperti keindahan alam, flora fauna, makanan, hingga budaya dan tradisinya yang unik.

Papua memiliki potensi pariwisata menakjubkan yang tak kalah dengan daerah lain di Indonesia. Papua tidak hanya memiliki Raja Ampat. Masih banyak spot menantang yang tak kalah menarik disana. Seperti di Kota Jayapura yang juga merupakan ibu kota provinsi.

Kota Jayapura kurang lebih berjarak 25 km dari Bandara Sentani dan dapat ditempuh dengan kendaraan kurang dari satu jam. Nah jika Anda berkunjung ke Jayapura, tidak lengkap rasanya jika tidak ke Sentani. Disana Anda dapat menikmati beragam objek wisata yang menarik dan pastinya tidak akan terlupakan dalam hidup.

Baca Juga: Miliki Suara Merdu, Nissa Sabyan Ternyata Pandai Berpenampilan, 5 Gayanya Ini Bikin Hati Terasa Adem

MNC Travel bersama MNC Media mengeksplore sejumlah destinasi wisata di Sentani. Selain mengunjungi beberapa spot, kami juga mencicipi hidangan khas di provinsi yang dijuluki mutiara dari timur tersebut. Salah satunya papeda ikan kuah kuning di sebuah rumah makan di Jayapura. Bagi pencinta kuliner Nusantara tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Papeda terbuat dari tepung sagu yang dipadankan dengan bumbu kuah kuning yang dibuat dari campuran bawang merah, bawang putih, cabai besar, lengkuas, kunyit, jahe, dan batang sereh. Sedangkan untuk ikan yang menjadi lauk di kuah kuning bisa tongkol, tenggiri, atau cakalang. Namun kami memilih ikan kakap.

Setelah puas menikmati hidangan khas Papua itu, kami mulai bergerak ke sejumlah spot wisata. Berikut ini objek wisata di Jayapura yang bisa dijadikan rekomendasi Anda jika berkunjung ke Papua.

1. Melihat Keindahan Kota dari Jayapurawood

Perlu waktu sekitar 30 menit jika berkendara dengan mobil dari pusat kota Jayapura menuju bukit Polimak. Sepanjang perjalanan, Anda akan melewati kontur jalan yang menanjak dan berkelok. Anda tidak akan dikenakan retribusi di tempat ini. Bukit Polimak merupakan tempat terbaik untuk melihat panorama Kota Jayapura dan Samudra Pasifik dari atas ketinggian.

Warga sekitar juga menjuluki tempat ini sebagai Jayapurawood karena terdapat huruf-huruf berukuran besar bertuliskan Jayapura City. Jika dilihat dari bawah, apalagi pada malam hari, tulisan ini akan menyala oleh lampu dan menyerupai Hollywood Sign di Los Angeles. Bukit Polimak juga digunakan stasiun televisi meletakan tiang-tiang pemancar siarannya.

2. Wisata Romantis di Danau Cinta

Hamparan alam hijau dan langit biru menyambut kedatangan kami ke Danau Imfote di Sentani. Danau ini mempunyai keunikan tersendiri karena berbentuk hati, tak heran masyarakat menyebutnya sebagai Danau Love. Destinasi ini berada di Kampung Puai, Distrik Yokini, Kabupaten Jayapura. Perjalanan menuju ke tempat yang romantis ini kami tempuh selama satu setengah jam lebih atau sekitar 50 Km dari Kota Jayapura. Sepanjang perjalanan, mata kami dimanjakan dengan hamparan padang rumput dan bebukitan. Sama seperti Bukit Polimak, tidak ada tiket masuk di Danau Love. Wisatawan cukup membayar biaya masuk untuk mobil Rp 50 ribu dan motor Rp 20 ribu.

“Danau Love merupakan potensi wisata yang luar biasa. Karya Tuhan untuk bumi Papua. Oleh karena itu, muda-mudi yang ingin melangsungkan pernikahannya sebaiknya datang kesini terlebih dahulu,” ujar wisatawan lokal, Rudi Gedi saat berbincang dengan MNC Media.

3. Danau Sentani: Pesona Wisata Danau Legenda

Pemandangan cantik dengan air gliter menjadikan Danau Sentani sebagai destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan saat ke Jayapura. Nama Sentani diartikan sebagai "Disini kami tinggal dengan damai”. Danau terluas di Papua ini memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau ini juga memiliki 21 buah pulau kecil yang indah.

Untuk menambah daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara, pemerintah daerah setempat juga menggelar acara rutin tiap tahunnya yaitu Festival Danau Sentani. Festival ini pertama kali diselenggarakan pada 19 Juni 2008. Sejak saat itu, Festival Danau Sentani rutin diadakan setiap tahun dengan menampilkan tarian-tarian adat di atas perahu, upacara adat, seperti penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua.

Corporate Sales Supervisor MNC Travel, Renny Eka Putri berharap, kedatangan MNC Travel bersama MNC Media ke Jayapura dapat memperkenalkan lebih dalam lagi budaya, kuliner khas serta tradisi adat masyarakat Papua ke wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dia menambahkan, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak keindahan alam. Dari Sabang sampai Merauke. Keindahan alam Indonesia juga tidak kalah dengan negara-negara luar seperti Eropa atau negara-negara lainnya. Salah satu provinsi yang terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa adalah Papua.

“Disini kami mengeksplore beberapa tempat wisata di Jayapura, seperti Danau Love atau Danau Cinta, Danau Sentani, dan juga kami mengunjungi ikon dari Kota Jayapura itu sendiri. Tujuan kami melakukan perjalanan tersebut yakni untuk menarik wisatawan, baik lokal maupun internasional untuk berkunjung ke Kota Jayapura,” tandasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini