Mengenal Lebih Dalam Art Deco, Situs Warisan Dunia Terbaru Versi UNESCO

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 01 Juli 2018 18:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 01 406 1916349 mengenal-lebih-dalam-art-deco-situs-warisan-dunia-terbaru-versi-unesco-x8NI8YAw0c.jpg Art Deco. (Foto: AFP)

UNESCO telah menetapkan salah satu bangunan di Mumbai, India, Art Deco ke dalam daftar warisan dunia pada akhir pekan kemarin. Lantas, apa keistimewaan bangunan kuno yang kini menjadi sorotan dunia tersebut?

Nah, bagi Anda yang penasaran wajib tahu nih seperti apa seluk beluk dari bangunan bersejarah itu. Sejak lama bangunan Art Deco tersebut memang terkenal karena keunikannya. Bangunan ini jadi ikonik di Mumbai yang semakin ramai didatangi wisatawan.

Mayoritas gedung tua ini dibangun di tanah reklamasi antara awal 1930-an dan awal 1950-an. Kemudian dikelompokkan bersama di bagian selatan kota.

Bangunan ini ditandai dengan font Deco, berlantai marmer dan tangga spiral. Banyak koleksi barang antik bernuansa gotik. Sejak dulu bangunan tidak berubah, begitu juga dengan barang-barangnya.

Baca Juga: 5 Buah Pencegah dan Penyembuh Kanker, Coba Dicari Sebelum Terlambat

Di satu sisi lokasi ada bangunan megah sejak abad ke-19. Lokasi ini dipakai untuk Gedung Pengadilan Tinggi dan Universitas Mumbai, dengan menara dan jendela yang menarik perhatian.

Di sisi lain berdiri bangunan lebih ramping dengan sudut melengkung, balkon, garis vertikal dan motif eksotis. Gedung ini dibangun oleh penduduk Mumbai yang mengirim arsitek mereka ke Eropa. Desainnya sengaja dibuat modern dan berbeda dari gaya arsitektur khas India.

"Bangunan Deco di Mumbai selalu hidup dalam bayangan struktur Gothic Victoria yang dibangun oleh Inggris," ujar Pendiri Art Deco Mumbai Atul Kumar, kepada kantor berita AFP, dilansir dari NDTV.

Baca Juga: Miliki Suara Merdu, Nissa Sabyan Ternyata Pandai Berpenampilan, 5 Gayanya Ini Bikin Hati Terasa Adem

Apalagi, dulu India berada di bawah kekuasaan kolonial. Gedungnya terdiri dari lima lantai tinggi yang dicat dengan warna-warna cerah seperti kuning, merah muda dan biru. Untuk panjang wilayahnya, sebagian besar bangunan Art Deco sepanjang tiga kilometer.

Saat ini lokasi ini tergolong strategis yang menjadi titik kumpul traveler. Di sana terdapat properti perumahan, kantor komersial, rumah sakit dan bioskop yang sangat populer di kota itu.

Jika Anda tertarik mengunjungi lokasinya, terletak di Jethalal Mansion 10, Fort, Mumbai. Jam operasional mulai pukul 09.30 waktu setempat.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini